PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK�TALK-WRITE BERBANTUAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BENGKULU TENGAH

Subilawati, Apni and Daimun, Hambali (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK�TALK-WRITE BERBANTUAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write berbantuan Literasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control group desaign. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SDN 01 Bengkulu Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest. Untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data mengunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia thitung (3,77)> ttabel (1,67) dan pada mata pelajaran IPA thitung (3,33)> ttabel (1,67). Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar (80,50) dan mata pelajaran IPA sebesar (80, 50). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model TTW berbantuan literasi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model TTW berbantuan literasi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model TTW berbantuan literasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 01 Bengkulu Tengah. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Think-Thalk-Write, Literasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:32
Last Modified: 04 Sep 2023 01:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

View Item View Item