IMPLEMENTASI METODE ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) & MESSAGE DIGEST 5 (MD5) PADA ENKRIPSI DOKUMEN (Studi Kasus : LPSE UNIB)

UTOMO K., GILANG GUMIRA PRAKARSA and Ernawati, Ernawati and Aan, Erlanshari (2017) IMPLEMENTASI METODE ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) & MESSAGE DIGEST 5 (MD5) PADA ENKRIPSI DOKUMEN (Studi Kasus : LPSE UNIB). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Laporan Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi pengamanan dokumen yang dapat membantu pengguna dalam mengamankan dokumen penting yang tidak bisa secara bebas dibaca oleh umum. Aplikasi ini akan mengenkripsi dan mendekripsikan kembali dokumen dengan menggunakan algoritma AES dan mengolah kunci menjadi nilai hash dengan menggunakan algoritma MD5. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan analisis berorientasi objek Unified Modeling Language (UML) dan dibangun menggunakan Adobe Dreamweaver CS6 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma AES dengan panjang kunci 256 bit dapat menyandikan isi suatu file sehingga dapat mengamankan file tersebut. File yang dihasilkan oleh proses enkripsi bisa menjadi 2 kali lipat bahkan lebih dari ukuran dan jumlah karakter file aslinya, ini dikarenakan hasil enkripsi dibuat dalam hex. Sedangkan algoritma MD5 yang berfungsi sebagai penghasil nilai hash yang akan digunakan sebagai sandi untuk mengenkripsi dan mendekripsikan kembali dokumen, mampu menghasilkan dan menambah kerumitan dalam proses enkripsi dan dekripsi dokumen khususnya dari segi kerumitan sandi yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Nov 2017 01:32
Last Modified: 29 Nov 2017 01:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15113

Actions (login required)

View Item View Item