PENERAPAN METODE DCT (DISCRETE COSINE TRANSFORM) PADA APLIKASI PENYEMBUNYI PESAN TEKS DALAM GAMBAR DIGITAL BERBASIS MATLAB

ARDIANSYAH, HERIS and Boko, Susilo and Desi, Andreswari (2017) PENERAPAN METODE DCT (DISCRETE COSINE TRANSFORM) PADA APLIKASI PENYEMBUNYI PESAN TEKS DALAM GAMBAR DIGITAL BERBASIS MATLAB. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI HERIS ARDIANSYAH G1A010034.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dalam dunia informatika memungkinkan pengamanan data dari ancaman yang ada. Sebagai contoh adalah kriptografi, yaitu ilmu yang digunakan untuk menjaga keamanan dari pihak yang tidak memiliki hak akses terhadap suatu data, baik data berupa e-mail, dokumen, maupun berkas pribadi. Namun disisi lain kriptografi dapat menimbulkan kecurigaan pada orang yang membaca data terenkripsi. Kecurigaan ini dapat memicu orang untuk memecahkan enkripsi tersebut walau membutuhkan waktu yang cukup lama. Teknik lain sebagai upaya pengamanan data adalah steganografi. Didorong oleh hal-hal tersebut, maka penulis tertarik untuk membahas tentang pembuatan sebuah aplikasi program Steganografi. Program aplikasi ini akan menyediakan kemudahan penyisipan pesan, yaitu berupa teks, ke dalam sebuah file digital. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman Matlab. Metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan metode (DCT) Discrete Cosine Transform. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi Steganografi yang dapat menyisipkan pesan teks ke dalam sebuah citra digital (gambar). Pengujian aplikasi telah dilakukan dengan responden sebanyak 50 orang, didapatkan hasil bahwa aplikasi memiliki tampilan yang user friendly dengan nilai rata-rata 3.90 (baik), mudah dalam penggunaan sistem dengan nilai rata-rata 4.13 (baik) dan memiliki kinerja sistem yang baik dengan nilai rata-rata 3.89 (baik).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Nov 2017 01:43
Last Modified: 29 Nov 2017 01:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15115

Actions (login required)

View Item View Item