IMPLEMENTASI METODE TOPSIS DENGAN PEMBOBOTAN ENTROPY UNTUK PENENTUAN CALON PENERIMA BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) APBD KOTA BENGKULU (STUDI KASUS : SMAN 8 KOTA BENGKULU)

MAISARI, KURNIA DWI and Desi, Andreswari and Rusdi, Efendi (2017) IMPLEMENTASI METODE TOPSIS DENGAN PEMBOBOTAN ENTROPY UNTUK PENENTUAN CALON PENERIMA BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) APBD KOTA BENGKULU (STUDI KASUS : SMAN 8 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_KURNIA_DWI_MAISARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Beasiswa merupakan alternatif pendidikan yang diberikan kepada pelajar untuk memudahkan seseorang dalam menyelesaikan sekolahnya. Beasiswa Bantuan Siswa Miskin (BSM) adalah beasiswa berupa bantuan dana tunai yang diberikan kepada pelajar kurang mampu di bidang ekonomi. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk menyeleksi calon penerima beasiswa BSM agar pemberian beasiswa lebih tepat sasaran. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dengan IDE Netbeans 8.2, dan model waterfall untuk pengembangan sistem serta Unite Modelling Languange (UML) untuk perancangan sistem. Metode yang diterapkan pada sistem adalah metode Techinique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) sebagai metode perankingan dan metode entropy sebagai metode pembobotan kriteria.Hasil yang diberikan sistem ini adalah alternatif calon penerima beasiswa berdasarkan nilai preferensi (V ) yang diperoleh. Nilai tersebut didapat dari hasil perhitungan metode TOPSIS yang membutuhkan nilai bobot kriteria (W j i ) yang diperoleh dari perhitungan metode entropy. Kemudian dilakukan perankingan dari nilai terbesar hingga nilai terkecil sesuai dengan kuota beasiswa yang tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Nov 2017 01:52
Last Modified: 29 Nov 2017 01:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15117

Actions (login required)

View Item View Item