IMPLEMENTASI ALGORITMA LONGEST COMMON SUBSEQUENCE DAN NEEDLEMAN-WUSCH PADA PENCOCOKAN DAN PENSEJAJARAN SEQUENCE DNA DALAM MENGIDENTIFIKASI MUTASI DNA (STUDI KASUS : DNA THALASSEMIA)

ONESTY, PARASMITA and Aan, Erlanshari and Ernawati, Ernawati (2017) IMPLEMENTASI ALGORITMA LONGEST COMMON SUBSEQUENCE DAN NEEDLEMAN-WUSCH PADA PENCOCOKAN DAN PENSEJAJARAN SEQUENCE DNA DALAM MENGIDENTIFIKASI MUTASI DNA (STUDI KASUS : DNA THALASSEMIA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Parasmita_Onesty_G1A012024.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

DNA atau Deoxiribonukleat Acid adalah materi genetik yang diwarisi orang tua kepada keturunannya. Perubahan struktur dari DNA dapat mengakibatkan perubahan sifat dari DNA dalam melakukan fungsinya. Peristiwa perubahan struktur ini disebut dengan mutasi DNA. Dampak buruk dari mutasi DNA adalah penyakit genetik. Salah satu contoh penyakit genetik yaitu thalassemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma Longest Common Subsequence (LCS) dan Needleman – Wunsch (NW) pada pencocokan dan pensejajaran sequence DNA; merancang dan membangun aplikasi Identifikasi mutasi DNA; mengetahui akurasi dan waktu komputasi algoritma LCS dan NW. Hasil dari penelitian ini adalah akurasi algoritma LCS mencapai 95 % dan akurasi algoritma Needleman Wunsch 88,6 %. Algoritma LCS dan NW juga baik dalam hal waktu komputasi, karena pada kasus ini untuk mengidentifikasi DNA uji dengan panjang 600-5100 karakter membutuhkan waktu berkisar 1 – 7 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:04
Last Modified: 29 Nov 2017 02:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15119

Actions (login required)

View Item View Item