PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas Blackie) PLUS DAUN SINGKONG (Manihot esculenta) TERHADAP KUALITAS KARKAS AYAM BROILER

Nurfadila, Oktora and Urip, Santoso and Sutriyono, Sutriyono (2021) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas Blackie) PLUS DAUN SINGKONG (Manihot esculenta) TERHADAP KUALITAS KARKAS AYAM BROILER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi - Nurfadila Oktora.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Ubi jalar ungu (Ipomoea batatas Blackie) memiliki keunggulan, yaitu mengandung antioksidan berupa antosianin yang lebih tinggi dari sumber lain seperti kubis ungu, blueberry dan jagung merah. Ubi jalar ungu berfungsi sebagai prebiotik. Fungsi prebiotik untuk merangsang pertumbuhan bakteri yang baik bagi usus sehingga penyerapan zat gizi menjadi lebih baik. Pigmen antosianin merupakan salah satu zat gizi yang menjadi keunggulan dari ubi jalar ini karena dapat memberikan efek fungsional bagi tubuh, antara lain sebagai antioksidan. Penggunaan antioksidan alami dengan memanfaatkan ubi jalar ungu yang mengandung antioksidan (antosianin) tinggi diduga akan meningkatkan produksi karkas broiler. Namun ubi jalar mempunyai kadar protein yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jagung, rendahnya kadar protein ubi jalar dapat menurunkan kadar protein pakan yang selanjuntnya akan menurunkan kualitas karkas. Untuk itu ubi jalar ungu perlu dikombinasikan dengan bahan lain yang kaya akan protein tetapi murah harganya. Salah satu bahan yang potensial adalah daun singkong. Daun singkong pada umumnya memiliki kandungan protein berkisar antara 20-27% dari bahan kering. Selain itu daun singkong banyak mengandung senyawa murni dari jenis flavonoid seperti rutin, kersetin, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian tepung ubi jalar ungu (Ipomoea batatas Blackie) plus daun singkong (Manihot esculenta) sebagai penganti jagung terhadap kualitas karkas pada ayam broiler. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Februari sampai 02 April 2021, berlokasi di Commercial Zone and Animal Laboratory (CZAL) Jurusan Peternakan dan laboratorium Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) 5 perlakuan dan 4 ulangan. Variabel yang diamati adalah warna karkas, berat potong, berat karkas, persentase karkas, meat bone ratio (perbandingan daging dan tulang), cooking loss (susut masak) dan drip loss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung ubi jalar ungu (Ipomoea batatas Blackie) plus daun singkong (Manihot esculenta) berpengaruh tidak nyata terhadap kualitas karkas ayam broiler (P<0,05) pada variabel warna karkas, variabel warna karkas, berat potong, berat karkas persentase karkas, meat bone ratio, cooking loss dan drip loss. Kata Kunci: Ayam broiler, tepung ubi jalar ungu (Ipomoea batatas Blackie), daun singkong (Manihot esculenta), kualitas karkas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:06
Last Modified: 30 Aug 2023 04:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15127

Actions (login required)

View Item View Item