DESKRIPSI HAMBATAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 09 KOTA BENGKULU

Sentia, Dina and Herman, Lusa (2020) DESKRIPSI HAMBATAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 09 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DINA SENTIA (A1G016077).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hambatan guru dalam pelaksanaan Pembelajaran Tematik dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan pembelajaran Tematik di SD Negeri 09 Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Studi Kasus. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri 09 Kota Bengkulu yang mengalami hambatan pada pelaksanaan pembelajaran Tematik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi dengan Teknik Keabsahan Data melalui Triangulasi dan Member check. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu Condensation Data, Display Data, Drawing/verifying penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian guru SD Negeri 09 Kota Bengkulu mengalami hambatan pada pelaksanaan pembelajaran Tematik meliputi hambatan selama merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Tematik serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Hambatan guru pada pelaksanaan pembelajaran Tematik terjadi karena hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal hambatan yang berasal dari guru, guru kesulitan dalam memahami, dan hambatan eksternal yaitu hambatan dari luar seperti guru tidak mendapatkan pelatihan yang cukup. Dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan pembelajaran Tematik yaitu dengan mengikuti kegiatan internal kegiatan didalam lingkungan sekolah dan kegiatan eksternal kegiatan yang berasal dari luar sekolah seperti mengikuti pelatihan. Kata kunci : Hambatan Guru, Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15129

Actions (login required)

View Item View Item