PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN PARKIR DENGAN REKOGNISI KARAKTER PLAT KENDARAAN MENGGUNAKAN TESSERACT-OCR DAN PEMBERIAN KODE PIN

KURNIAWAN, APRI and Indra, Agustian and Reza, Satria Rinaldi (2017) PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN PARKIR DENGAN REKOGNISI KARAKTER PLAT KENDARAAN MENGGUNAKAN TESSERACT-OCR DAN PEMBERIAN KODE PIN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI APRI KURNIAWAN G1D01006.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pengaplikasian teknologi pengolahan citra sudah banyak dilakukan pada berbagai peralatan. Salah satunya pada sistem keamanan parkir kendaraan dengan pengenalan karakter plat kendaraan secara otomatis. Pada penelitian ini sistem keamanan parkir otomatis dirancang dengan cara mengenali plat kendaraan yang akan parkir dan memberikan kode pin yang berbeda-beda kepada pengguna parkir. pemberian kode pin ini disesuaikan dengan kode plat kendaraan yang direkognisi dan kemudian disimpan ke dalam database, sehingga dengan sistem ini dapat mengurangi tindak kejahatan pencurian kendaraan. Pada proses pengenalan karakter plat kendaraan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu proses preprocessing, lokalisasi plat kendaran dan rekognisi plat kendaran dengan menggunakan library Tesseract OCR. Berdasakan pengujian perekognisian karakter plat kendaraan yang telah dilakukan dengan intensitas cahaya sebesar 290 lux diperoleh nilai akurasi rata-rata terbaik sebesar 70% pada jarak 0.25 m antara webcam dengan kendaraan dengan nilai threshold sebesar 60, sementara dari hasil pengujian sistem keamanan parkir dengan rekognisi plat kendaraan dan pemberian kode pin memiliki tingkat keberhasilan yang cukup rendah yaitu sebesar 44.44%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:57
Last Modified: 29 Nov 2017 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15131

Actions (login required)

View Item View Item