ENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU

Yuliana, Eka and Resnani, Resnani (2020) ENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D). Namun penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga yaitu pengembangan (develop). Validasi dilakukan oleh ahli. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan diberi tanggapan pengguna oleh 2 guru SD Negeri Kota Bengkulu. Teknik analisis data mengunakan analisis statistik deskriptif terhadap hasil validasi ahli dan tanggapan guru serta analisis deskriptif kualitatif penelitian terhadap komentar dari validasi ahli dan penilaian tanggapan guru. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran mengunakan model pembelajaran Role Playing dengan penilaian silabus sebesar 0,82 dengan kategori sangat tinggi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 0,87 dengan kategori sangat tinggi dan nilai tangapan guru sebesar 86,96 dengan kategori sangat valid. Kata Kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran Role Playing, Perangkat Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15131

Actions (login required)

View Item View Item