IMPLEMENTASI TELEMETRI SUHU DAN KELEMBABAN MENGGUNAKAN ARDUINO DENGAN MODULASI DIGITAL AMPLITUDE SHIFT KEYING

Emilisa, Emilisa and Faisal, Hadi and Afriyastuti, Herawati (2017) IMPLEMENTASI TELEMETRI SUHU DAN KELEMBABAN MENGGUNAKAN ARDUINO DENGAN MODULASI DIGITAL AMPLITUDE SHIFT KEYING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Implementasi Telemetri Suhu dan Kelembaban Menggunakan Arduino dengan Modulasi Digital Amplitude Shift Keying.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Dalam teknologi elektro instrumentasi dan elektronika, efektifitas dan efisiensi selalu menjadi acuan agar setiap langkah dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal baik dalam kualitas maupun kuantitasnya. Agar dapat mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah alat, komponen atau sistem yang dapat memproses suatu data dengan cepat dan akurat. Tujuan dari sistem telemetri adalah mengkoleksi data di tempat jauh kemudian menyampaikan data tersebut di tempat lain untuk kemudian dianalisa dan diinterpretasikan menjadi suatu informasi yang berguna. pada penelitian ini akan dirancang suatu perangkat yang dapat mengukur suhu dan kelembaban. Pengukuran suhu dilakukan dengan menggunakan Arduino, kemudian microcontroler mengirimkan data suhu tersebut melalui pemancar dan penerima menggunakan ASK (Amplitude Shift Keying). Perancangan alat ukur suhu dan kelembaban ruangan jarak jauh dengan mengunakan sensor SHT11 yang di hubungkan ke Arduino dan dikirimkan secara wireless melalui pemancar RF433Mhz ke penerima RF433Mhz telah berhasil dilakukan. Arduino Tx bertugas sebagai pengendalian data yang dikirimkan dari SHT11 untuk di tampilan ke LCD dan ke modulator sedangkan Arduino Rx menerima data demodulator untuk ditampilkan ke LCD kembali. Pada pengukuran suhu dan kelembaban yang sebenarnya dan pengukuran suhu dan kelembaban menggunakan sensor, menghasilkan nilai rata-rata ralat paling besar terjadi pada suhu 28 0 C sebesar 3.4% dan pada kelembaban 80% sebesar 2.8%. Delay pengiriman data mulai terlihat pada jarak 7 meter yaitu sebesar 2 detik dan jarak maksimal pengiriman data sebesar 10 meter.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Nov 2017 04:09
Last Modified: 29 Nov 2017 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15135

Actions (login required)

View Item View Item