PERANCANGAN ALAT PEMBERI PAKAN IKAN DAN PENYARING AIR AKUARIUM DENGAN TAMPILAN KEKERUHAN DAN KADAR OKSIGEN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535

Suryadi, Rahman and Faisal, Hadi and Indra, Agustian (2017) PERANCANGAN ALAT PEMBERI PAKAN IKAN DAN PENYARING AIR AKUARIUM DENGAN TAMPILAN KEKERUHAN DAN KADAR OKSIGEN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RAHMAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Alat pemberian pakan ikan hias otomatis dan penyaring air berdasarkan kekeruhan dan kadar oksigen berbasis mikrokontroler dalam penelitian yang telah dibuat ini dapat digunakan untuk membantu dalam pemberian pakan ikan secara otomatis dan terjadwal dan dapat menghidupkan penyaring air secara otomatis, karena pada umumnya pemberian pakan ikan hias dilakukan secara manual dan penyaring air akuarium hidup tidak secara otomatis, namun pada sistem ini dapat dilakukan secara otomatis, dengan menggunakan mikrokontroler ATmega8535, pewaktuan dari RTC DS1307, Turbidity sensor untuk sensor kekeruhan dan DS18B20 sensor sebagai sensor kadar oksigen. Pengujian terhadap sistem secara keseluruhan alat ini dapat bekerja dengan cukup baik . Pemberian pakan ikan aktif saat pukul 08.00 dan 16.00 WIB secara otomatis dengan banyaknya pemberian pakan bervariasi dari 1,5-15 gram dapat diatur secara manual. Sistem penyaringan akan hidup saat kekeruhan air melebihi 26 NTU atau nilai kadar oksigen kurang dari 7,83 mg/l, dengan persentase error sensor sebesar 5,57% dan 6,93% untuk Turbidity sensor dan sensor DS18B20, Sehingga dapat dikatakan bahwa alat ini secara umum dapat bekerja dengan baik tetapi perlu penambahan sensor agar sistem lebih presisi secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Nov 2017 04:47
Last Modified: 29 Nov 2017 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15144

Actions (login required)

View Item View Item