ANALISIS PENDAPATAN USAHA TERNAK ITIK PETELUR (ITIK TALANG BENIH) DI DESA GARUT KECAMATAN AMEN KABUPATEN LEBONG (Studi Kasus Pemeliharaan Ternak Itik Saat Musim Tanam)

Yoga, Anda Syaputra and Sutriyono, Sutriyono and Bieng, Brata (2021) ANALISIS PENDAPATAN USAHA TERNAK ITIK PETELUR (ITIK TALANG BENIH) DI DESA GARUT KECAMATAN AMEN KABUPATEN LEBONG (Studi Kasus Pemeliharaan Ternak Itik Saat Musim Tanam). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI YOGA ANDA SYAPUTRA.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian telah dilaksanakan pada bulan April 2021 dengan tujuan untuk mengevaluasi besarnya pendapatan dari usaha peternakan itik khususnya pada pemeliharaan saat musim tanam yang ada di Desa Garut Kecamatan Amen Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Responden ditentukan secara purposif (disengaja) yaitu peternak itik di Desa Garut Kecamatan Amen Kabupaten Lebong. Data dikumpulkan dengan cara wawancara secara langsung dengan responden untuk mendapatkan data yang dibutuhkan menggunakan kusioner, melalui pengamatan langsung di lokasi peternakan itik, dan mencari daftar pustaka dan membandingkan dengan hasil yang telah diamati dengan membaca jurnal di google dan membaca buku literatur ilmiah berhubungan dengan penelitian di Desa Garut Kecamatan Amen Kabupaten Lebong. Data yang diperoleh ditabulasi dan disajikan dalam bentuk tabel serta dianalisis secara deskriptif. Variabel yang diamati dari tujuh responden pada penelitian ini terdiri dari empat variabel yang pertama karateristik responden yang meliputi: nama, umur, alamat, jenis kelamin, Tingkat pendididkan peternak, Jumlah anggota keluarga, dan lama beternak. Kedua biaya produksi yang meliputi: biaya penyusutan kandang, biaya penyusutan peralatan, biaya DOD atau bibit, biaya vitamin dan obat-obatan, biaya listrik dan biaya pakan. Ketiga biaya tetap (fixed cost) yang meliputi; biaya, biaya kandang, dan biaya alat. Keempat biaya variable (variable cost) yang meliputi: bibit itik, biaya pakan, biaya listrik dan biaya vitamin serta obat-obatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total biaya produksi yang dikeluarkan peternak pada usaha ternak itik di Kecamatan Amen sebesar Rp. 106.975.242 per tahun dengan nilai rata-rata biaya produksi per peternak sebesar Rp. 15.282.177 per tahun. Total penerimaan yang diperoleh peternak sebesar Rp. 183.309.279 per tahun dengan nilai rata-rata penerimaan per peternak sebesar Rp. 26.187.040 per tahun. Total pendapatan yang diperoleh peternak sebesar Rp. 76.334.037 per tahun dengan nilai rata-rata pendapatan per peternak sebesar Rp. 10.904.862 per tahun. Nilai R/C rata-rata pada usaha peternakan itik di Desa Garut Kecamatan Amen yaitu 1,71. Berdasarkan hasil perhitungan pendapatan dan analisis R/C dapat disimpulkan bahwa usaha tenak itik di desa Garut, Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Kata kunci: Usaha Ternak Itik, Pendapatan, Analisis Kelayakan Usaha (R/C).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:15
Last Modified: 30 Aug 2023 06:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15144

Actions (login required)

View Item View Item