PENGARUH PENAMBAHAN PISANG AMBON CURUP(Musa sapientum cv. ‘Ambon Curup’) TERHADAP SIFAT FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK BROWNIES DARI TEPUNG MOCAF (Modified Cassava Flour)

Aidha, Jumratul Aini and Wuri, Marsigit and Lukman, Hidayat (2021) PENGARUH PENAMBAHAN PISANG AMBON CURUP(Musa sapientum cv. ‘Ambon Curup’) TERHADAP SIFAT FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK BROWNIES DARI TEPUNG MOCAF (Modified Cassava Flour). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi untuk bebas perpus.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Provinsi Bengkulu merupakan salah satu daerah yang memproduksi tepung mocaf (Modified Cassava Flour) terletak di daerah Kabupaten Kaur. Mocaf merupakan tepung singkong yang dimodifikasi dan difermentasi dengan Bakteri Asam Laktat (BAL). Salah satu komoditas yang dapat menggantikan konsumsi tepung terigu adalah tepung mocaf. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penggantian tepung terigu dengan tepung mocaf, dan penambahan Pisang Ambon Curup pada produk brownies Rancangan penelitian menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor tunggal. Penelitian pembuatan brownies dengan menggunakan tepung Mocaf dan ditambah Pisang Ambon Curup disusun dengan satu faktor yaitu proporsi antara Pisang Ambon Curup dan Tepung Mocaf. Setiap proporsi diberi simbol kombinasi perlakuan dilakukan 3 kali pengulangan sehingga jumlah total unit percobaan sebanyak 15 unit, dengan parameter uji fisik meliputi daya kembang, kadar air dan warna. Sedangkan uji kimia meliputi kadar abu dan kadar protein. Uji organoleptik meliputi warna, aroma, tekstur dan dan penerimaan keseluruhan (Over All). Proses pembuatan brownies terdiri dari pencampuran bahan adonan, pengocokan adonan selama 10 – 12 menit, pencetakan ke dalam loyang, pengukusan selama 30 menit dengan temperatur 170 oC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brownies dengan menggunakan tepung mocaf dan penambahan pisang ambon curup berpengaruh nyata terhadap sifat organoleptik warna dan tekstur, namun berpengaruh tidak nyata terhadap sifat organoleptik rasa, aroma ,dan over all. Brownies dengan kandungan kadar abu, protein tertinggi yaitu 2,67% dan 16,63%, kadar air terendah yaitu 11,83 % dan daya kembang tertinggi dengan nilai 24,11% diperoleh pada perlakuan P5 (Pisang Ambon Curup 20% : Tepung Mocaf 80%). Warna brownies yang paling terang terdapat pada perlakuan (Pisang Ambon Curup 10% : Tepung Mocaf 90%) dengan nilai 5 YR 4/4 sedangkan warna paling gelap dengan nilai 2,5 YR 3/6 pada perlakuan (Pisang Ambon Curup 5% : Tepung Mocaf 95%)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:34
Last Modified: 30 Aug 2023 06:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15150

Actions (login required)

View Item View Item