PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV PADA GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Friska, Friska and Nani, Yuliantini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV PADA GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FRISKA (A1G016042).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non�Example pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dan jenis desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD pada gugus XIV Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVA SDN 45 Kota Bengkulu dan IVA SDN 42 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest. Untuk mengukur hasil belajar sikap dan keterampilan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat dan statistik inferensial. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh thitungsebesar 4,79 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,02 dimana thitung lebih besar dari ttabel. Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 81,26 dan mata pelajaran IPA sebesar 89,61. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model Example Non-Example mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Example Non-Example terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SD Negeri pada Gugus XIV Kota Bengkulu. Kata kunci: Tematik, Model Pembelajaran Example Non-Example, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15155

Actions (login required)

View Item View Item