SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN PERKEBUNAN DI PROVINSI BENGKULU DENGAN METODE BAYES DAN INFERENSI FORWARD CHAINING

EGASARI, ASEH and Diyah, Puspitaningrum and Priyono, Prawito (2017) SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN PERKEBUNAN DI PROVINSI BENGKULU DENGAN METODE BAYES DAN INFERENSI FORWARD CHAINING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_G1A011037_ASEH EGASARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penentuan kesesuaian lahan pertanian sangatlah penting, karena pemanfaatan lahan yang tidak sesuai dapat merusak lahan, biaya tinggi dan produktivitas rendah. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi sistem pakar yang dapat melakukan identifikasi kesesusaian lahan untuk berbagai tanaman perkebunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem pakar yang mampu mengidentifikasi kesesuaian lahan untuk tanaman perkebunan. Aplikasi sistem pakar ini menggunakan metode Bayes dan inferensi Forward Chaining dengan 22 karakteristik lahan dan 11 tanaman perkebunan. Metode Bayesdigunakan untuk menentukan persentase kemungkinan tanaman dari hasil identifikasi dan inferensi Forward Chaining untuk menentukan kesimpulan tanaman perkebunan dari data lahan yang dimasukkan. Keluaran dari aplikasi ini berupa jenis tanaman perkebunan dan kesesuaian lahan yang memiliki nilai persentase tertinggi. Aplikasi sistem pakar ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Prepocessor (PHP) dan database MySQL. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model waterfall dan perancangan sistem menggunakan diagram unified modelling language (UML). Dari hasil pengujian validitas sistem yang dilakukan terhadap 60 data lahan menggunakan metode bayes dihasilkan tingkat akurasi sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Nov 2017 08:30
Last Modified: 29 Nov 2017 08:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15161

Actions (login required)

View Item View Item