PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS X KOTA BENGKULU

Sari, Indah Puspita and Nani, Yuliantini (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS X KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI indah puspita sari (A1G016042).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Scrapbook pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD gugus X Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan jenis desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN gugus X Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVB SDN 32 Kota Bengkulu yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA SDN 15 Kota Bengkulu yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes dilakukan pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriftif, uji prasyarat, dan uji inferensial. Dari hasil penelitian dan pembahasan diketahui hasil uji-t dengan nilai thitung sebesar 4,51 dan nilai ttabel sebesar 2,02. Jadi dengan thitung (4,51) > ttabel (2,02) pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media scrapbook pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD gugus X Kota Bengkulu. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Media Scrapbook, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15163

Actions (login required)

View Item View Item