RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SERVER SIDE SCRIPT NODE JS DAN BASIS DATA NOSQL UNTUK MULTI PLATFORM (Studi Kasus : SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah)

WIBOWO, BAYU EKO PUNTO and Asahar, Johar and Funny, Farady Coastera (2017) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SERVER SIDE SCRIPT NODE JS DAN BASIS DATA NOSQL UNTUK MULTI PLATFORM (Studi Kasus : SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi lengkap.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan dunia teknologi informasi memungkinkan pengolahan data dan pengiriman informasi dilakukan dalam waktu singkat bahkan bisa dilakukan dalam hitungan detik. Kebutuhan akan media penyimpanan pun menjadi diperlukan ketika data yang diolah dan informasi yang disajikan memiliki jumlah yang besar. Berbagai instansi pun menginginkan pengolahan data dan penyajian informasi dapat dilakukan dalam waktu singkat dan disimpan pada media penyimpanan berukuran kecil namun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Dalam bidang pendidikan, SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah mengharapkan sebuah aplikasi yang mampu mengolah data siswa, pegawai dan nilai dalam waktu cepat menjadi sebuah informasi. Data dan informasi disimpan pada media penyimpanan dengan ukuran kecil namun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, agar bisa digunakan dikemudian hari. Penyajian data dan informasi pun bisa dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga waktu yang dibutuhkan bisa lebih efektif dan efisien. Mongodb merupakan salah satu basis data berorientasi berkas yang mampu menyimpan dan mengolah data dalam ukuran besar. Server Side Script NodeJS mendukung penyajian data dan informasi agar bisa dilakukan dalam waktu cepat. Mongodb dan NodeJS perlu diintegrasikan menjadi sebuah sistem informasi untuk bisa mengatasi kebutuhan pada SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Nov 2017 08:39
Last Modified: 29 Nov 2017 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15166

Actions (login required)

View Item View Item