PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS 05 KOTA BENGKULU

Mirnawati, Mirnawati and V., Karjiyati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS 05 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI MIRNAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model realistic mathematic education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN gugus 05 kota bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest�posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN Gugus 05 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas VA di SDN 09 sebagai kelas eksprimen dan kelas VA SDN 02 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk soal uraian berjumlah 5 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, dimana dibuktikan dengan nilai signifigan uji-t 0,02 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan model realistic mathematic education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN gugus 05 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Model Realistic Mathematics Education, Etnomatematika tabut, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15169

Actions (login required)

View Item View Item