PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TABUT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI KOTA BENGKULU

Atikah, Nur and V., Karjiati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TABUT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF_Skripsi Nur Atikah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas IV SDN di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan jenis desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang termasuk dalam wilayah Keluarga Kerukunan Tabut (KKT). Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hasil pengundian diperoleh sampel yaitu rombel IV C di SDN 02 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 orang sebagai kelas kontrol, dan rombel IV A di SDN 09 Kota Bengkulu berjumlah 24 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes berbentuk soal uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data penelitian kuantitatif menggunakan SPSS 16.0 for windows. Adanya pengaruh dibuktikan dengan nilai signifikansi uji t, 0,0 < 0,05 artinya Ha diterima. Nila signifikansi uji t tersebut membuktikan hipotesis pada penelitian bahwa terdapat pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas IV SDN di Kota Bengkulu. Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, Etnomatematika Tabut, Kemampuan Komunikasi, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15171

Actions (login required)

View Item View Item