PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAB BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dayana, Resi and Endang, Widi Winarni (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAB BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RESI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL, Diorama dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan ialah Quasy Experiment. Desain pada penelitian ini yaitu The Matching Only Pretest-Posttes control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus X Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV A SDN 58 Kota Bengkulu yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B SDN 38 Kota Bengkulu yang berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda terdiri atas dimensi kemampuan berpikir lancar (fluency), kemampuan berpikir luwes (flexibility), kemampuan berpikir orisinil (originality), kemampuan berpikir menilai (evaluation) dan kemampuan berpikir merinci (elaboration), yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Penelitian ini juga menghasilkan proyek Diorama yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik analisis data dalam penelitian adalah analisis kuantitaif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa nilai uji-t menunjukkan sebesar 2,59 lebih besar pada taraf signifikan 5% sebesar 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) Diorama dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Diorama Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:34
Last Modified: 04 Sep 2023 01:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15174

Actions (login required)

View Item View Item