SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN GOLONGAN UANG KULIAH TUNGGAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHT PRODUCT (WP) (STUDI KASUS : UNIVERSITAS BENGKULU)

BARUS, IMANUEL and Desi, Andreswari and Rusdi, Efendi (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN GOLONGAN UANG KULIAH TUNGGAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHT PRODUCT (WP) (STUDI KASUS : UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_G1A011025_IMANUEL BARUS 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Sejak tahun ajaran 2013/2014 terdapat perubahan sistem pembayaran kuliah yang diterapkan kepada seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN), model ini disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT merupakan besaran biaya yang dibayarkan oleh mahasiswa pada setiap semester berdasarkan kemampuan ekonominya. Sehingga besaran nilai UKT setiap mahasiswa berbeda-beda. Besaran nilai UKT dibagi menjadi Lima golongan. Dalam penentuan UKT digunakan beberapa kriteria sebagai pertimbangan, yaitu penghasilan orang tua, Pekerjaan Orang tua, PDAM, daya listrik dan tanggungan keluarga. Dengan perubahan sistem pembayaran kuliah yang baru tersebut Universitas Bengkulu (UNIB) masih menentukan UKT secara manual, sehingga mengakibatkan banyak peluang terjadinya kesalahan, tingkat akurasinya rendah serta membutuhkan waktu yang lama, hal tersebut sangat kurang efisien dalam pengolahan data. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Weighted Product, karena merupakan metode sederhana yang mudah diimplementasikan, mempunyai waktu komputasi yang cepat serta tingkat akurasinya tinggi.. Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product, Perguruan Tinggi Negeri.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:05
Last Modified: 30 Nov 2017 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15175

Actions (login required)

View Item View Item