APLIKASI TEMU KEMBALI CITRA BATIK BESUREK MENGGUNAKAN EKSTRAKSI FITUR COLOR HISTOGRAM, GRAY LEVEL COOCCURENCE MATRIX, DAN MOMENT INVARIANT

FARADITHA, ULVA and Desi, Andreswari and Endina, Putri Purwandari (2017) APLIKASI TEMU KEMBALI CITRA BATIK BESUREK MENGGUNAKAN EKSTRAKSI FITUR COLOR HISTOGRAM, GRAY LEVEL COOCCURENCE MATRIX, DAN MOMENT INVARIANT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
G1A0120066_ULVAFARADITHA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Teknik pencarian citra salah satunya ialah citra Batik Besurek umumnya dilakukan dengan menuliskan keyword berdasarkan nama citra yang ingin dicari. Hal ini kurang efektif sebab adanya batasan kemampuan teks dalam mewakili keseluruhan isi dari citra. Kelemahan tersebut dapat diatasi dengan teknik pencarian citra Batik Besurek berdasarkan content yang ada pada citra atau sering disebut dengan aplikasi temu kembali citra. Aplikasi ini menggunakan metode Color Histogram untuk pengekstraksian warna, Gray Level Cooccurence Matrix untuk pengekstraksian tekstur dan Moment Invariant digunakan untuk pengenalan bentuk citra serta Euclidean Distance untuk menentukan selisih kemiripan citra uji dan citra training. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat akurasi metode yang digunakan dalam pengenalan motif Batik Besurek. Citra yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra Batik Besurek yang merupakan kain tradisional Bengkulu. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman MatLab dan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Waterfall. Pembobotan untuk masing- masing metode adalah Color Histogram 40%, Gray Level Co-occurrence Matrix 40%, dan Moment Invariant 20%. Aplikasi ini menghasilkan nilai recall 33.38% dan nilai precision 70.28% untuk citra uji yang termasuk citra database dan citra internet. Sedangkan citra uji termasuk citra di luar database dan citra internet menghasilkan nilai recall 28.13% dan nilai precision 60.57%. Aplikasi ini berhasil menemukan kembali citra uji dengan serangan berupa rotasi, blur Gaussian baik radius 1.0 maupun 2.0, pemberian noise, perubahan warna citra, dan citra internet.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:12
Last Modified: 30 Nov 2017 02:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15176

Actions (login required)

View Item View Item