APLIKASI TEMU KEMBALI CITRA BERBASIS WARNA, TEKSTUR, DAN BENTUK DENGAN METODE COLOR MOMENT, GABOR FILTER, DAN FOURIER DESCRIPTOR

PUTRIHANITA, YUNIARTHIE and Desi, Andreswari and Endina, Putri Purwandari (2017) APLIKASI TEMU KEMBALI CITRA BERBASIS WARNA, TEKSTUR, DAN BENTUK DENGAN METODE COLOR MOMENT, GABOR FILTER, DAN FOURIER DESCRIPTOR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_G1A012044_Yuniarthie Putrihanita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membangun sebuah aplikasi pencarian citra berbasis konten citra dengan menggunakan kombinasi fitur warna, tekstur dan bentuk. Aplikasi ini menggunakan metode Color Moment untuk ekstraksi fitur warna, Gabor Filter untuk ekstraksi fitur tekstur, Fourier Descriptor untuk ekstraksi fitur bentuk dan metode Euclidean Distance untuk menghitung jarak kemiripan citra uji dengan citra database. Dalam penelitian ini, citra yang digunakan sebagai objek penelitian adalah citra pariwisata Kota Bengkulu. Aplikasi ini dibangun dalam bahasa pemrograman Matlab dan dirancang dengan Data Flow Diagram (DFD). Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah nilai presisi pada pengujian dengan citra uji tanpa serangan untuk masing-masing metode Color Moment yaitu 30%, Gabor Filter yaitu 25%, Fourier Descriptor yaitu 25 %. Dengan nilai recall untuk Color Moment yaitu 13%, Gabor Filter yaitu 10%, Fourier Descriptor yaitu 10 %. Nilai presisi pada pengujian citra uji tanpa serangan untuk penggabungan tiga metode yaitu 50% dan nilai recall-nya 21%. Nilai rata-rata presisi pada pengujian citra uji terkena serangan untuk penggabungan tiga metode yaitu 22% dan nilai recall-nya 9%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:20
Last Modified: 30 Nov 2017 02:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15178

Actions (login required)

View Item View Item