Marlina, Marlina and Sutarno, Sutarno (2009) Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP Pada Materi Pengukuran Fisika. EXACTA, 7 (2). pp. 34-39. ISSN 1412-3617
|
Text
6-Exacta Desesember 2009.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkonstruksi pembelajaran berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP pada materi pengukuran fisika. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII pada salah satu SMP Negeri di wilayah Kabupaten Mukomuko. Data tes awal dan tes akhir dianalisis untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa. Berdasakan analisis data diperoleh rerata Ngain penguasaan konsep siswa kelas eksperimen sebesar 0,55 dalam kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,27 dalam kategori rendah. Analisis hipotesis menggunakan software SPSS 16 menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran materi pengukuran fisika secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 17 Nov 2013 09:29 |
Last Modified: | 17 Nov 2013 09:29 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1518 |
Actions (login required)
View Item |