Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP Pada Materi Pengukuran Fisika

Marlina, Marlina and Sutarno, Sutarno (2009) Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP Pada Materi Pengukuran Fisika. EXACTA, 7 (2). pp. 34-39. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text
6-Exacta Desesember 2009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkonstruksi pembelajaran berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP pada materi pengukuran fisika. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII pada salah satu SMP Negeri di wilayah Kabupaten Mukomuko. Data tes awal dan tes akhir dianalisis untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa. Berdasakan analisis data diperoleh rerata Ngain penguasaan konsep siswa kelas eksperimen sebesar 0,55 dalam kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,27 dalam kategori rendah. Analisis hipotesis menggunakan software SPSS 16 menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran materi pengukuran fisika secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 17 Nov 2013 09:29
Last Modified: 17 Nov 2013 09:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item