PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BENGKULU

Utami, Sakinah Gita and Nani, Yuliantini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SAKINAH GITA UTAMI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah “The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kota Bengkulu yang menerapkan kurikulum 2013 dan Akreditas A. sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh kelas VA SD Negeri 71 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SD Negeri 103 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar kognitif berbentuk soal pilihan ganda (multiple choice) yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t di dapatkan thitung mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 4,37 dan pada mata pelajaran IPA sebesar 4,81 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,00 dimana thitung lebih besar dari ttabel. Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggnakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Talking Stick, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:34
Last Modified: 04 Sep 2023 01:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15181

Actions (login required)

View Item View Item