ANALISIS KEMAJUAN PENDIDIKAN PASCA PEMEKARAN WILAYAH (Study Kasus: Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan)

Kurnia Sari, Linda and Budiyono , Budiyono and Mirza, Yasben (2012) ANALISIS KEMAJUAN PENDIDIKAN PASCA PEMEKARAN WILAYAH (Study Kasus: Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Linda Kurnia Sari-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemajuan Pendidikan Pasca Pemekaran Wilayah di Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisa data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan sasaran penelitian diambil dengan menggunakan teknik Snowball Sampling (teknik bola salju) yaitu menggelinding seperti bola salju (snowball), disesuaikan dengan kebutuhan, dan dipilih sampai jenuh, jadi tidak ada sistem keterwakilan. Penelitian ini menggunakan informan inti dan informan pendamping, informan inti adalah orang-orang yang dianggap sangat erat hubungannya dengan penelitian dan merupakan orang yang diwawancarai langsung serta lebih banyak tahu mengenai permasalahan penelitian. Sedangkan informan pendukung adalah orang-orang yang dapat menunjukkan siapa-siapa saja yang dapat dihubungi untuk mencari jawaban atas rumusan masalah yang telah dibuat. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara yang mendalam, dokumentasi dan observasi langsung. Indikator yang digunakan ialah indikator yang mempengaruhi kemajuan penidikan, antara lain, persentase melek huruf, kemampuan berbahasa Indonesia, Persentase tingka pendidikan, Angka putus sekolah, dan pertambahan jumlah sekolah. Menurut penelitian yang telah dilakukan dalam rentang waktu antara bulan Mei-Juni 2010 serta dilanjutkan dengan bulan Agustus 2011, maka dapat disimpulkan bahwa kemajuan pendidikan di Wilayah Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang ini tidaklah terlalu terlihat, Dari segi kuantitas sarana pendidikan memang ada terdapat penambahan sarana, namun dari segi kualitas masih kurang. Jumlah sekolah yang ada memang bertambah dari waktu sebelum pemekaran wilayah, namun setelah peneliti melihat ke sekolah-sekolah yang baru tersebut masih banyak kekurangannya. Antara lain, jumlah tenaga pengajar yang terlalu sedikit serta tingkat pendidikan tenaga pengajarnya yang kurang memadai. Selain itu, Pemerintah terkesan asal-asalan dalam menentukan lokasi sekolah sehingga proses belajar mengajar kurang efektif. Kebijakan pemerintah untuk mencanangkan sekolah gratis memang baik, namun ada hal-hal yang masih menjadi faktor penghambat sehingga masih banyak siswa yang terpaksa putus sekolah. Pungutan yang tidak resmi misalnya, ataupun juga masalah klasik seperti seragam sekolah yang setiap siswanya diwajibkan untuk memakai seragam yang apabila tidak terpenuhi maka anak tersebut tidak boleh bersekolah. Sebaiknya Pemerintah dalam mengeluarkan suatu kebijakan tidaklah setengah-setengah, agar manfaatnya benar-benar dirasakan secara nyata oleh masyarakat Indonesia umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Nov 2013 09:26
Last Modified: 17 Nov 2013 09:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item