TINGKAT KEPUASAN NASABAH PETANI PEMINJAM KUR TERHADAP PELAYANAN DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA UNIT PONDOK KELAPA

Ivana, Hartati Sinaga and Basuki, Sigit Priyono and Satria, Putra Utama (2021) TINGKAT KEPUASAN NASABAH PETANI PEMINJAM KUR TERHADAP PELAYANAN DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA UNIT PONDOK KELAPA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI FULL IVANA HARTATI SINAGA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki berbagai macam kekayaan alam di dalamnya. Salah satunya ialah sektor pertanian yang memegang peranan penting karena ikut memberikan kontribusi dalam mendukung pembangunan perekonomian Indonesia. Sektor pertanian dalam proses produksinya memerlukan berbagai faktor sebagai penunjang keberhasilan usaha tani nya seperti modal. Seorang petani memerlukan modal untuk mengoptimalkan usaha tani nya, Oleh karena itu dibutuhkan sebuah lembaga yang dapat membantu mengatasi masalah dalam penyediaan modal. Lembaga yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah bank. diharapkan bank dapat membantu seorang pengusaha untuk meningkatkan produktivitas semua sektor di Indonesia melalui kredit. Salah satu produk pinjaman kredit yang dikembangkan oleh BRI Unit Pondok Kelapa yang menjadi andalan dalam pembiayaan nasabahnya adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat). Respon nasabah terhadap pelayanan bank menjadi suatu hal yang penting dalam penilaian karena akan mempengaruhi perkembangan bank itu sendiri. Respon yang baik akan menciptakan suatu kesan yang baik juga terhadap bank, sedangkan respon yang tidak baik akan menimbulkan kesan yang buruk juga terhadap bank. Untuk mengetahui apakah Bank BRI Unit Pondok Kelapa telah memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan nasabahnya atau sebaliknya, maka perlu adanya evaluasi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode Importance performance analisis (IPA) dan metode costumer satisfaction index (CSI). Dari analisis CSI nilai yang diperoleh sebesar 83,73% yang berarti nasabah merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT. BRI Unit Pondok Kelapa. Kata Kunci : Kepuasan, Kinerja, IPA, CSI.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:40
Last Modified: 31 Aug 2023 01:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15192

Actions (login required)

View Item View Item