ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN “LAPIS AREN LINGGAU” DI KOTA LUBUKLINGGAU PROVINSI SUMATERA SELATAN

Melly, Nopriani and Nyayu, Neti Arianti and Basuki, Sigit Priyono (2021) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN “LAPIS AREN LINGGAU” DI KOTA LUBUKLINGGAU PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI MELLY NOPRIANI E1D017115.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Lapis Aren Linggau adalah produk kue yang diproduksi oleh Aren Pastries. Persaingan antar pelaku usaha semakin ketat sehingga Aren Pastries perlu memperhatikan konsumen agar dapat mempertahankan perusahaan dan bersaing memperebutkan pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) proses keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen Lapis Aren Linggau dan 2) hubungan karakteristik konsumen dan atribut produk dengan proses keputusan pembelian Lapis Aren Linggau. Metode penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode accidental sampling. Proses keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen Lapis Aren Linggau dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hubungan karakteristik konsumen dan atribut produk dengan proses keputusan pembelian Lapis Aren Linggau dianalisis dengan menggunakan korelasi Rank Spearman menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan pembelian Lapis Aren Linggau pada tahap pengenalan kebutuhan, evaluasi alternatif dan keputusan pembelian cukup perlu dilakukan oleh konsumen, sementara tahap pencarian informasi dan evaluasi pasca pembelian perlu dilakukan oleh konsumen. Secara keseluruhan konsumen cukup perlu melakukan proses pengambilan keputusan pembelian Lapis Aren Linggau. Selanjutnya, terdapat hubungan signifikan yang sangat lemah dengan arah negatif antara variabel jarak tempat tinggal ke lokasi dengan proses keputusan pembelian Lapis Aren Linggau sementara usia, pendidikan dan pendapatan tidak berhubungan dengan proses keputusan pembelian Lapis Aren Linggau. Selanjutnya terdapat hubungan signifikan dengan arah positif antara semua variabel atribut produk dengan proses keputusan pembelian Lapis Aren Linggau. Kata kunci: Lapis Aren Linggau, Perilaku Konsumen, Proses Pengambilan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:47
Last Modified: 31 Aug 2023 01:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15194

Actions (login required)

View Item View Item