Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) Berbantu E-Media pada Matakuliah Elektronika Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Sutarno, Sutarno Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) Berbantu E-Media pada Matakuliah Elektronika Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. EXACTA, 7 (1). pp. 40-46. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text
7-Exacta Juni 2009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap mahasiswa semester tiga pada Program Studi Pendidikan Fisika di salah satu universitas di Kota Bengkulu Tahun Akademik 2008/2009 dengan tujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar melalui model pembelajaran CLIS berbantu E-media. Pengumpulan data dilakukan menggunakaan tes dan lembar observasi. Hasil observasi memperlihatkan skor aktifitas mahasiswa pada siklus I sebesar 28 (kategori cukup), siklus II sebesar 32 (kategori baik) dan siklus III sebesar 42 (kategori baik). Hasil belajar mahasiswa pada siklus I memperlihatkan nilai rata-rata kelas 67,3, daya serap 67,3% dan ketuntasan belajar 62,2%, pada siklus II nilai rata-rata kelas 71,9, daya serap 71,9% dan ketuntasan belajar 86,5%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas 74,1, daya serap 74,1%, dan ketuntasan belajar 94,6%. Berdasarkan data penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS berbantu E-Media dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 17 Nov 2013 09:36
Last Modified: 17 Nov 2013 09:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item