PENGARUH PENGGUNAAN PASIR LAUT PADA PEMBUATAN PAVING BLOCK DENGAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE MEKANIS TERHADAP KUAT TEKAN PAVING BLOCK

NORMAN, HARRY and Fepy, Supriani and Yuzuar, Afrizal (2017) PENGARUH PENGGUNAAN PASIR LAUT PADA PEMBUATAN PAVING BLOCK DENGAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE MEKANIS TERHADAP KUAT TEKAN PAVING BLOCK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Harry Norman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan pasir laut dengan ketersediaan dalam jumlah yang besar di Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pasir laut pada pembuatan paving block terhadap kuat tekan paving block dan untuk mengetahui nilai kuat tekan paving block yang dihasilkan pada pembuatan paving block dengan menggunakan metode konvensional dan metode mekanis. Pasir laut yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasir laut Selolong, pasir laut Lakok, pasir laut Air Padang dan pasir sungai yang digunakan sebagai pembanding pada penelitian ini adalah pasir sungai Ketahun. Benda uji yang digunakan berbentuk segi enam dengan sisi 10 cm dan tinggi 6 cm. Benda uji berjumlah 40 sampel. Pembuatan paving block menggunakan metode konvensional dan metode mekanis. Pasir laut Selolong mengalami kenaikan persentase nilai kuat tekan paving block terbesar terhadap pasir sungai yaitu sebesar 6,14 % pada metode konvensional dan 6,26 % pada metode mekanis. Pasir laut Lakok mengalami penurunan persentase nilai kuat tekan paving block terhadap pasir sungai yaitu sebesar 1,89 % pada metode konvensional dan 0,35 % pada metode mekanis. Pasir laut Air Padang mengalami penurunan persentase nilai kuat tekan paving block terbesar terhadap pasir sungai yaitu sebesar 6,76 % pada metode konvensional dan 5,43 % pada metode mekanis. Nilai kuat tekan paving block yang dihasilkan dari metode mekanis mengalami kenaikan kuat tekan paving block sekitar 18-20 % dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 30 Nov 2017 04:13
Last Modified: 30 Nov 2017 04:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15211

Actions (login required)

View Item View Item