RESPON EMPAT VARIETAS KEDELAI (Glycine max (L). Merril) PADA PEMBERIAN KONSENTRASI Polyethylene glycol (PEG) 6000 YANG BERBEDA

Rohsinarni, Saragih and Atra, Atra and Dwi, Wahyuni (2021) RESPON EMPAT VARIETAS KEDELAI (Glycine max (L). Merril) PADA PEMBERIAN KONSENTRASI Polyethylene glycol (PEG) 6000 YANG BERBEDA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi fikss untukdi cetak1111111111.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan produksi kedelai dapat dilakukan dengan perluasan lahan budidaya dengan memanfaatan lahan-lahan marginal. Lahan pesisir merupakan lahan marginal yang mudah mengalami kekeringan karena sulit menahan air. Untuk itu diperlukan serangkain penelitian untuk melakukan seleksi varietas kedelai pada berbagai konsentrasi PEG 6000. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan interaksi antara varietas dan konsentrasi PEG 6000 terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai, menentukan varietas yang toleran terhadap cekaman kekeringan dan menentukan konsentrasi PEG 6000 yang mampu menyeleksi varietas kedelai yang toleran terhadap kekeringan Penelitian ini dilaksanakan mulai September 2020 sampai Desember 2020 bertempat di Greenhouse jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu dengan ketinggian tempat 10 mdpl. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah varietas kedelai yang terdiri dari Grobogan, Anjasmoro, Devatra II dan Dering-1. Faktor kedua adalah konsentrasi PEG 6000 yang terdiri dari 4 taraf yaitu 0%, 5%, 10%, dan 15%. Setiap percobaan diulang 3 kali sehingga diperoleh 48 satuan percobaan dan terdiri dari 3 sampel sehingga diperoleh 144 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara varietas kedelai dengan konsentrasi PEG 6000, jenis varietas kedelai berpengaruh nyata terhadap variabel tinggi tanaman, luas daun, kehijauan daun, bobot segar tajuk tanaman, bobot kering tanaman, bobot segar akar, panjang akar, jumlah polong total per tanaman, dan jumlah polong bernas per tanaman. Konsentrasi PEG 6000 berpengaruh nyata terhadap variabel tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, kehijauan daun, bobot segar tajuk tanaman, bobot kering tanaman, bobot segar akar, jumlah polong total per tanaman dan jumlah polong bernas per tanaman. Varietas Anjasmoro, Devatra-II dan Dering-1 merupakan varietas kedelai yang lebih cocok dilakukan penanaman pada kondisi cekaman kekeringan. PEG 6000 pada konsentrasi 10% merupakan konsentrasi yang sesuai untuk seleksi kedelai yang toleran terhadap kekeringan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:43
Last Modified: 01 Sep 2023 01:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15216

Actions (login required)

View Item View Item