Febriyanti, Nova and Budiyono , Budiyono and Syamsurizal, Syamsurizal (2012) KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS PERAWATAN RATU AGUNG KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
Text
SKRIPSI NOVA FEBRIYANTI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan kesehatan pasien dan bagaimana kepuasan pasien Jamkesmas di Puskesmas Perawatan Ratu Agung Kecamatan Muara Bangkahulu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan kesehatan, mengetahui kepuasan pasien Jamkesmas di Puskesmas Perawatan Ratu Agung Kecamatan Muara Bangkahulu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Jamkesmas yang memperoleh pelayanan kesehatan di Puskesmas Perawatan Ratu Agung Kecamatan Muara Bangkahulu. Dalam penelitian ini ditetapkan menggunakan teknik sampling kebetulan (accidental samping). Pengumpulan data dilakukan melalui teknik penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan bantuan pengukuran dengan skala Likert. Hasil penelitian diketahui pelayanan kesehatan yang dilakukan petugas kesehatan terhadap pasien peserta Jamkesmas telah cukup baik atau sedang. Berdasarkan rata-rata skor sebesar 50,404. Jika dikonsultasikan dengan skala interval yang digunakan, maka skor rata-rata sebesar 50,404 berada pada rentang skor 40 - 51 dengan kategori sedang atau cukup. Pelayanan ini dilihat dari aspek-aspek pelayanan kedokteran, pelayanan kesehatan masyarakat, dan pelayanan administrasi kesehatan, yang dapat dikatakan telah berjalan dengan cukup baik atau sedang. Kepuasan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Perawatan Ratu Agung Kota Bengkulu telah cukup memuaskan. Hal ini berdasarkan hasil hitung skor rata-rata sebesar 49,846 Jika dikonsultasikan dengan skala interval skala Likert yang digunakan, maka skor rata-rata sebesar 49,846 berada pada rentang skor 40 - 51 dengan kategori sedang atau cukup memuaskan. Kepuasan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Perawatan Ratu Agung Kota Bengkulu terlihat dari aspek-aspek tangible, reliability, responsivines, assurance dan empathy, yang dapat dikatakan telah cukup memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Nov 2013 09:33 |
Last Modified: | 17 Nov 2013 09:33 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1522 |
Actions (login required)
View Item |