RESPON PERTUMBUHAN PANDAN LAUT (Pandanus tectorius Parkinson Ex. Z) TERHADAP PEMBERIAN DOSIS NPK PADA MEDIA KOMPOSIT BERBASIS LIMBAH SAWIT

Artalina, Sianturi and Enggar, Apriyanto and Putranto, B Agung N (2021) RESPON PERTUMBUHAN PANDAN LAUT (Pandanus tectorius Parkinson Ex. Z) TERHADAP PEMBERIAN DOSIS NPK PADA MEDIA KOMPOSIT BERBASIS LIMBAH SAWIT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
ArtalinaSianturi-E1B017060-Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Bengkulu memiliki lingkungan pesisir pantai yang terbuka sehingga menyebabkan gelombang dan arus pantai sangat berpengaruh terhadap kondisi hutan pantai. Kondisi hutan pantai di Bengkulu setiap tahunnya mengalami degradasi yang disebabkan oleh kegiatan sosial dan ekonomi yang dilakukan masyarakat sehingga terjadi penurunan produktivitas hayati pada ekosistem hutan pantai. Pandan laut merupakan salah satu tumbuhan laut yang dapat memperbaiki hutan pantai karena memiliki perakaran kuat dan akar yang merambat. Pandan laut memiliki pertumbuhan yang lambat sehingga perlu dilakukan pemberian nutrisi pupuk NPK pada komposisi media yang ramah lingkungan yaitu limbah serat buah kelapa sawit dan pupuk kandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan pandan laut terhadap media komposit berbasis limbah sawit dan untuk mengetahui respon pertumbuhan pandan laut terhadap pemberian dosis NPK. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 sampai dengan Oktober 2020. Lokasi penelitian dilakukan di Persemaian Kehutanan dan Laboratorium Kehutanan Universitas Bengkulu. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor yaitu komposisi media meliputi kombinasi serat buah kelapa sawit dan pupuk kandang dan pemberian dosis pupuk NPK. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis ANOVA dengan uji lanjut BNT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh interaksi komposisi media dan pemberian dosis pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap variabel pertambahan jumlah daun, klorofil daun, akar terpanjang, diameter batang, berat kering bagian bawah tanaman, berat kering bagian atas tanaman, dan berat kering total tanaman. Kombinasi perlakuan antara komposisi media dan pemberian dosis pupuk NPK yang terbaik didapatkan pada kombinasi D2P3 (dosis pupuk NPK 1 g dan serat sawit 75 % + pupuk kandang 25%). Pemberian dosis pupuk NPK tidak berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi, pertambahan panjang daun, dan pertambahan lebar daun. Komposisi media berpengaruh nyata terhadap variabel pertambahan tinggi, pertambahan panjang daun, dan pertambahan lebar daun.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:17
Last Modified: 01 Sep 2023 04:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15229

Actions (login required)

View Item View Item