SIMULASI PENGARUH VARIASI NILAI REAKTANSI KAPASITIF UNIFIED POWER FLOW CONTROLLER TERHADAP ALIRAN DAYA SALURAN TRANSMISI 70 kV PROVINSI BENGKULU

PRASTIANSYAH, DANA ANGGUN and Anizar, Indriani and Afriyastuti, Herawati (2017) SIMULASI PENGARUH VARIASI NILAI REAKTANSI KAPASITIF UNIFIED POWER FLOW CONTROLLER TERHADAP ALIRAN DAYA SALURAN TRANSMISI 70 kV PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Jaringan transmisi merupakan bagian terpenting dari sistem tenaga listrik untuk menyalurkan energi listrik dari pusat pembangkit ke pusat beban. Untuk menjaga kestabilan sistem jaringan transmisi itu sendiri memerlukan sistem kontrol yang handal dan efisien melalui pengendalian aliran daya listrik. Sistem yang dapat digunakan untuk pengendalian tersebut adalah peralatan FACTS yaitu UPFC. Dari hasil pengujian sebelum dan sesudah dilakukan variasi nilai reaktansi kapasitif (Xc) UPFC menggunakan program ETAP 7.5 pada saluran transmisi 70 kV Provinsi Bengkulu GI Pekalongan – GI Sukamerindu dan GI Pekalongan - GI Tes dengan beban tertinggi 25,5 MW dan nilai reaktansi kapasitif tertinggi 10,246 Ohm dapat mengurangi rugi daya aktif sebesar 0,099 MW dan daya reaktifnya sebesar 1,322 Mvar. Dari hasil pengujian sebelum dan sesudah dilakukan variasi nilai reaktansi kapasitif (Xc) UPFC pada saluran transmisi 70 kV Provinsi Bengkulu GI Pekalongan – GI Sukamerindu dan GI Pekalongan - GI Tes diperoleh hasil bahwa saat sesudah dilakukan pemasangan nilai reaktansi kapasitif UPFC dengan variasi nilai reaktansi kapasitif tertinggi akan menghasilkan rugi daya aktif dan reaktif yang lebih rendah dari pada saat sebelum dilakukan variasi nilai reaktansi kapasitif UPFC. Sehingga pemasangan variasi nilai reaktansi kapasitif UPFC memiliki kelebihan mengurangi rugi daya aktif dan reaktif pada sebuah saluran tranmisi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 30 Nov 2017 08:29
Last Modified: 30 Nov 2017 08:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15233

Actions (login required)

View Item View Item