KARAKTERISTIK PENGUNJUNG DAN VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA AIR TERJUN TIRTA MANDIRI TANGSI DUREN KABUPATEN KEPAHIANG BERDASARKAN TRAVEL COST METHOD (TCM)

Julianto, Togi Tua Sitanggang and Siswahyono, Siswahyono and Deselina, Deselina (2021) KARAKTERISTIK PENGUNJUNG DAN VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA AIR TERJUN TIRTA MANDIRI TANGSI DUREN KABUPATEN KEPAHIANG BERDASARKAN TRAVEL COST METHOD (TCM). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi (Julianto Sitanggang E1B015052).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Salah satu manfaat dari keberadaan hutan yaitu wisata alam yang merupakan suatu bentuk wisata yang bertanggung jawab terhadap kelestarian area yang masih alami, serta memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budaya bagi masyarakat setempat. Objek wisata Air Terjun Tirta Mandiri adalah salah satu ekowisata yang terdapat di Provinsi Bengkulu tepatnya di Kabupaten Kepahiang yang memiliki banyak potensi wisata yang belum dinilai secara maksimal. Seringkali penilaian ekonomi kurang optimal sehingga jasa lingkungan dinilai lebih rendah dari sewajarnya (undervalue) atau sering disebut sebagai penilaian bebas (free goods) yang seharusnya memiliki metode khusus dalam pendekatannya. Salah satu nilai ekonomi hutan yaitu wisata alam yang dapat dinilai melalui metode khusus seperti travel cost. Melalui metode khusus ini dapat pula mengetahui karakteristik wisatawan dan valuasi ekonomi objek wisata Air Terjun Tirta Mandiri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November, Desember 2020 dan Januari 2021 di objek wisata Air Terjun Tirta Mandiri. Pengamatan diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan responden yaitu wisatawan objek wisata Air Terjun Tirta Mandiri melalui kuisioner (survey) sebanyak 100 responden. Untuk mencari karakteristik pengunjung dan valuasi ekonomi objek wisata Air Terjun Tirta Mandiri menggunakan metode Travel Cost Methode (TCM). Karakteristik sosial ekonomi wisatawan objek wisata Air Terjun Tirta Mandiri yang paling dominan adalah wisatawan dengan usia 15-24 tahun, tingkat pendidikan terakhir SMK/SMA, pekerjaan mahasiswa atau pelajar, berstatus belum menikah, tujuan wisata untuk refreshing, mengetahui keberadaan lokasi dari informasi lisan seperti keluarga, teman dan saudara. Wisatawan berkunjung dalam satu tahun terakhir sebanyak 1 kali, dan prioritas daya tarik wisata pengunjung adalah untuk melihat air terjun. . Faktor yang paling mempengaruhi kunjungan adalah biaya perjalanan dan jarak. Nilai ekonomi objek wisata Air Terjun Tirta Mandiri sebesar Rp 542.547.753. Objek wisata Air Terjun Tirta Mandiri merupakan suatu kawasan wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Upaya promosi dan pemberian pengetahuan mengenai keberadaan tempat wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:05
Last Modified: 01 Sep 2023 07:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15236

Actions (login required)

View Item View Item