PERANCANGAN SISTEM PENGONTROLAN WATER TREATMENT PADA TINGKAT KEJERNIHAN DAN PH AIR SKALA RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC CONTROL

RAHMADIANSYAH, RAHMADIANSYAH and Faizal, Hadi and Irnanda, Priyadi (2017) PERANCANGAN SISTEM PENGONTROLAN WATER TREATMENT PADA TINGKAT KEJERNIHAN DAN PH AIR SKALA RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC CONTROL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi-Rahmadiansyah (G1D011015).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Water treatment system adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengolah air dengan kualitas yang kurang baik (air baku) menjadi air dengan kualitas yang sesuai dengan standar air bersih. Dengan water treatment system saja ternyata tidak cukup untuk mendapatkan kualitas air yang bersih, tetapi diperlukan juga sistem pengontrolan dalam mengelohah air tersebut. Oleh karena itu penulis merancang sebuah sistem pengontrolan water treatment untuk memonitoring kekeruhan dan pH air yang menerapkan metode fuzzy logic control. Sistem ini bekerja berdasarkan input kekeruhan dan pH air yang terbaca oleh sensor, selanjutnya akan diperoses oleh prosedur fuzzy dengan input sebanyak 9 aturan. Aturan yang dibuat digunakan untuk mengontrol lama durasi pompa aktif dalam proses filtrasi dalam mencapai setpoint. Untuk mencapai kualitas air bersih dengan sistem water treatment ini dibutuhkan lama waktu filtrasi selama 14 menit hingga 22 menit dalam proses defuzzyfikasi. Hasil proses filtrasi yang didapat untuk kekeruhan air akhir yaitu 3-5 NTU dan pH air akhir yaitu 7,15 - 7,19. Hasil yang didapat dibutuhkan rata-rata 2 kali proses fuzzy untuk mencapai setpoint yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 30 Nov 2017 08:40
Last Modified: 30 Nov 2017 08:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15238

Actions (login required)

View Item View Item