PENDUGAAN EMISI KARBON DARI PERMUKAAN TANAH PADA LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI TALANG PAUH KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU

Nori, Puspa Kencana and Wiryono, Wiryono and Deselina, Deselina (2021) PENDUGAAN EMISI KARBON DARI PERMUKAAN TANAH PADA LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI TALANG PAUH KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi nori fix-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Hutan merupakan penyimpan karbon (C) yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan sistem penggunaan lahan pertanian. Bila hutan diubah fungsinya menjadi lahan�lahan pertanian atau perkebunan atau ladang penggembalaan maka jumlah C tersimpan akan berkurang. Tujuan dari penelitan ini yaitu 1 untuk mengetahui besarnya emisi karbon dari permukaan tanah pada areal perkebunan kelapa sawit di Talang Pauh Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. 2 untuk mengetahui kecenderungan besarnya emisi CO2 dan membandingkannya dengan kecenderungan sifat�sifat tanah yang lain. Pengambilan data untuk penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai dengan bulan september 2020 di Talang Pauh , Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. dan tanahnya dianalisis di Laboratorium Jurusan Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu . Tahapan penelitiannya penentuan lokasi sampling, pembuatan plot dan pengambilan emisi CO2, Pengukuran faktor lingkungan ,pengukuran sifat fisika, kimia, dan biologi tanah, pengambilan sampel biomassa tumbuhan bawah, dan seresah, uji anova Two-Way with Replication. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata besarnya emisi karbon CO2 di perkebunan kelapa sawit di Talang Pauh, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Rata-rata besarnya emisi karbon CO2 di perkebunan kelapa sawit di Talang Pauh, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, adalah 0,0065 (ton/ha/hari). Besarnya emisi karbon CO2 berbeda nyata antar titik pengamatan, dan waktu pengamatan. Sifat-sifat tanah yang berhubungan dengan emisi CO2 pada lahan perkebunan kelapa sawit di Talang Pauh, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah secara statistik hasil regresi dan korelasi bahwa pH berkorelasi positif dengan emisi CO2 sedangkan secara kualitatif faktor lain yang diduga berhubungan dengan emisi CO2 adalah mikroorganisme tanah. Sedangkan sifat tanah yang lain (BV, kandungan liat dan kandungan debu) tidak terlihat adanya hubungan . Kemudian N (nitrogen), P (fosfor), K (kalium), KTK (kapasitas tukar kation), Ca (kalsium), tidak terlihat hubungan yang sama atau berlawanan dengan emisi CO2.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:26
Last Modified: 01 Sep 2023 07:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15239

Actions (login required)

View Item View Item