PENGARUH LAMA PERENDAMAN DAN KONSENTRASI KNO3 TERHADAP DAYA BERKECAMBAH BENIH KETAPANG KENCANA (Terminalia Mantaly H.Perrier)

Vhamela, Putri Lorenza and Enggar, Apriyanto and Putranto, B Agung N (2021) PENGARUH LAMA PERENDAMAN DAN KONSENTRASI KNO3 TERHADAP DAYA BERKECAMBAH BENIH KETAPANG KENCANA (Terminalia Mantaly H.Perrier). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI VHAMELA PUTRI LORENZA.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Ketapang kencana (Terminalia mantaly) merupakan salah satu tumbuhan dari genus Terminalia dan keluarga Combretaceae. Ketapang kencana merupakan tumbuhan endemik Madagaskar namun sekarang diintroduksi ke berbagai kawasan tropika, termasuk Indonesia. Tetapi upaya perbanyakan ketapang kencana ini ada kesulitan yang diakibatkan oleh perkecambahan ketapang kencana yang cukup lama. Hal ini dikarenakan oleh dormansi fisik yang dialami oleh benih ketapang kencana Lama perendaman dan konsentrasi KNO3 adalah salah satu perlakuan yang dapat dilakukan untuk mematahkan dormansi pada benih yang diakibatkan oleh keadaan fisik dari kulit benih dan keadaan fisiologis dari embrio. Tujuan penelitian ini adalah (1) pengaruh lama perendaman benih terhadap daya berkecambah benih ketapang kencana. (2) pengaruh Konsentrasi KNO3 benih terhadap daya berkecambah benih ketapang kencana. (3) Interaksi lama perendaman dan konsentrasi KNO3 benih terhadap daya berkecambah benih ketapang kencana. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Kehutanan selama 3 bulan, mulai bulan juli sampai dengan September 2020. Uji perkecambahan benih ketapang kencana dilakukan dengan percobaan menggunkan rancangan acak lengkap, dengan rancangan dasar acak lengkap yang terdiri dari dua faktor dan empat ulangan. Faktor pertama Konsentrasi KNO3 (K) dengan empet taraf perlakuan yaitu 0% (K0), 0,2% (K1), 0,4% (K2), 0,6% (K3). Faktor kedua Lama Perendaman yang terdiri dari tiga taraf perlakuan yaitu 6 jam (L1), 12 jam (L2), 24 jam (L3). Berdasarkan hasil penelitian, Perlakuan lama perendaman tidak berpengaruh nyata, konsentrasi KNO3 tidak berpengaruh nyata dan interaksi lama perendaman dan konsentrasi KNO3 tidak berpengaruh nyata terhadap seluruh parameter perkecambahan menunjukan benih ketapang kencana tidak mengalami dormansi keras kulit biji dan impermeabel kulit biji pada air.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:30
Last Modified: 01 Sep 2023 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15240

Actions (login required)

View Item View Item