RESPON PERKECAMBAHAN BENIH KETAPANG KENCANA (Terminalia mantaly H.Perrier) TERHADAP LAMA PERENDAMAN DENGAN ZAT PENGATUR TUMBUH GA3

Tetti, Vera Br Manungkalit and Enggar, Apriyanto and Putranto, B Agung N (2021) RESPON PERKECAMBAHAN BENIH KETAPANG KENCANA (Terminalia mantaly H.Perrier) TERHADAP LAMA PERENDAMAN DENGAN ZAT PENGATUR TUMBUH GA3. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI_TETTI_VERA_E1B017047.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Ketapang kencana adalah tanaman yang memiliki keindahan yang terletak pada tajuknya yang bertingkat, sehingga Ketapang Kencana dapat berfungsi sebagai tanaman pelindung atau peneduh. Bagian pohon Ketapang Kencana banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis fungsi seperti obat-obatan khususnya daun Ketapang Kencana. Informasi mengenai perkecambahan benih Ketapang Kencana masih sangat terbatas, sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai perkecambahan benih Ketapang Kencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi GA3 danlama perendamanterhadap perkecambahan benih Ketapang Kencana, serta mengetahui pengaruh interaksi konsentrasi GA3 dan lama perendaman terhadap perkecambahan benih Ketapang Kencana. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-September 2020 di Persemaian dan Laboratorium Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah RAL (Rancangan Acak Lengkap) dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi GA3 yang terdiri dari 3 taraf yaitu A0 (tanpa pemberian GA3), A1 (1 g/l) dan A2 (1,5 g/l). Faktor kedua adalah lama perendaman dengan 3 taraf yaitu perendaman 3 jam (L1), perendaman 6 jam (L2) dan perendam 9 jam (L3). Terdapat 9 kombinasi ditambah satu kontrol (tanpa konsentrasi GA3 dan lama perendaman), sehingga diperoleh 10 kombinasi perlakuan. Kombinasi perlakuan menggunakan 5 kali pengulangan sehingga terdapat 50 unit percobaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh perlakuan konsentrasi GA3 dan lama perendaman larutan tidak nyata terhadap persentase kecambah, daya kecambah, kecepatan dan tinggi kecambah. Begitu juga interaksi dari konsentrasi GA3 dan lama perendaman larutan tidak berpengaruh nyata terhadap persentase kecambah, daya kecambah, kecepatan berkecambah dan tinggi kecambah. Perbandingan perlakuan dengan kontrol (tanpa konsentrasi GA3 dan lama perendaman) menggunakan uji t menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi GA3 dan perendaman berpengaruh terhadap persentase kecambah, daya kecambah dan waktu berkecambah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:49
Last Modified: 01 Sep 2023 07:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15244

Actions (login required)

View Item View Item