PENDUGAAN BESARNYA EMISI KARBON DARI PERMUKAAN TANAH PADA LAHAN PERCOBAAN AGROTEKNOLOGI UNIB DI KELURAHAN KANDANG LIMUN KECAMATAN MUARA BANGKA HULU KOTA BENGKULU

Maruli, Tua Marpaung and Wiryono, Wiryono and Deselina, Deselina (2021) PENDUGAAN BESARNYA EMISI KARBON DARI PERMUKAAN TANAH PADA LAHAN PERCOBAAN AGROTEKNOLOGI UNIB DI KELURAHAN KANDANG LIMUN KECAMATAN MUARA BANGKA HULU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI MARULI TUA MARPAUNG E1B016067.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pemanasan global merupakan salah satu permasalahan yang membawa dampak terjadinya perubahan iklim. Pemanasan global terjadi karena peningkatan konsentrasi gas rumah kaca (GRK) di lapisan atmosfer bumi. Atmosfer lebih banyak menerima dibandingkan melepaskan karbon, akibat dari pembakaran bahan bakar fosil, kendaraan bermotor dan mesin industri. Sementara itu bobot penyerapan CO2 berkurang akibat dari penebangan hutan, alih guna lahan hutan menjadi non hutan seperti pertanian, pemukiman, dan industri. Penelitian ini bertujuan ; (1) Untuk mengetahui besarnya emisi karbon dari permukaan tanah; (2) untuk menduga kecenderungan besarnya emisi CO2 dengan sifat-sifat tanah dan (3) untuk melihat beda nyata antara lokasi dan waktu pengamatan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode purposive sampling pada lahan percobaan Agroteknologi UNIB di Kelurahan Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan membuat plot, pengambilan sample emisi CO2, pengambilan contoh tanah, pengambilan sampel biomasa tumbuhan bawah, pengambilan biomassa serasah, dan pengambilan tanah terusik. Analisis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai antara emisi karbon lahan penelitian adalah 0,094 ton/ha/hari. Terdapat kecenderungan yang sama antara emisi karbon CO2 dengan beberapa sifat tanah, yaitu total populasi mikroba, fosfor, dan kadar air. Pada lahan areal penelitian terlihat beda nyata antara lokasi dan waktu pengamtan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:56
Last Modified: 01 Sep 2023 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15246

Actions (login required)

View Item View Item