HUBUNGAN KARAKTERISTIK HAMBUR BALIK AKUSTIK (TARGET STRENGTH) DENGAN FAKTOR KONDISI RAJUNGAN (Portunus pelagicus) MELALUI PENGUKURAN SECARATERKONTROLPADA FREKUENSI 200 KHZ

Andreas, Jorghy Parapat and Deddy, Bakhtiar and Ali, Muqsit (2021) HUBUNGAN KARAKTERISTIK HAMBUR BALIK AKUSTIK (TARGET STRENGTH) DENGAN FAKTOR KONDISI RAJUNGAN (Portunus pelagicus) MELALUI PENGUKURAN SECARATERKONTROLPADA FREKUENSI 200 KHZ. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi andre.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Rajungan (Portunus pelagicus) merupakan salah satu komoditas perikanan terbesar di Indonesia. Tingginya permintaan rajungan baik di dalam maupun di luar negeri dapat memengaruhi kegiatan penangkapan rajungan di alam, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya penangkapan secara berlebihan atau dikenal dengan overfishing. Hal ini dapat mengkhawatirkan kondisi keberadaan ataupun kelestarian rajungan di alam. Dibutuhkan pengelolaan yang tepat demi menjaga kelestarian rajungan di alam, dalam pengelolaan rajungan pentingnya mengetahui kajian parameter populasi atau pendugaan stok pada rajungan. Salah satu parameter untuk menduga stok rajungan dapat digunakan faktor kondisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik hambur balik akustik rajungan serta hubungannya dengan faktor kondisi rajungan. Penelitian ini menggunakan metode Hidroakustik. Perekaman atau sounding rajungan dilakukan dengan durasi 3-5 menit pada setiap individu rajungan. Alat yang dipakai untuk mengetahui nilai target strength (TS) rajungan yaitu scientific =echosounder dengan 200 kHz. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai target strength (TS) pada tingkat kelas faktor kondisi berkisar -48,69 hingga -41,74 dB. Sementara itu nilai rata-rata TS pada seluruh sampel rajungan sebesar -44,41 dB. Diketahui hasil dari analisis regresi linier yang dilakukan menghasilkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.15 atau pengaruh faktor kondisi terhadap besarnya nilai TS sebesar 15% . Uji ANOVA menunjukan bahwasanya Faktor kondisi berpengaruh nyata terhadap nilai TS pada rajungan. Kata kunci : Faktor kondisi, Hidroakustik, Rajungan, Target strength.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:13
Last Modified: 01 Sep 2023 08:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15250

Actions (login required)

View Item View Item