PENYIAPAN PROSEDUR PENGUJIAN METALOGRAFI DENGAN MESIN POLES YANG DIBUAT UNTUK LABORATORIUM MATERIAL DAN METALURGI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS BENGKULU

BIMO, DIMAS and A. Sofwan, F. Alqap and Ahmad, Fauzan Suryono (2017) PENYIAPAN PROSEDUR PENGUJIAN METALOGRAFI DENGAN MESIN POLES YANG DIBUAT UNTUK LABORATORIUM MATERIAL DAN METALURGI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Di Laboratorium Material dan Metalurgi Teknik Mesin Universitas Bengkulu, telah dibuat mesin poles (polishing machine) untuk persiapan sampel bagi pengujian metalografi. Pembuatan mesin poles yang baik memberi hasil yang mendekati uji metalografi standar. Sebelum dioperasikan untuk fungsinya, prosedur yang sesuai dengan keterbatasan alat perlu dipersiapkan, sehingga penggunaanya dapat memberikan hasil yang standar sebagaimana fungsi yang diharapkan. Prosedur persiapan sampel pengujian metalografi meliputi pemotongan, pembingkaian, pengamplasan, pemolesan dan pengetsaan. Pemotongan sampel menggunakan pemotongan manual (gergaji besi) ukuran 18 jumlah gigi per inchi dengan tebal tiap sampel 25 mm kecepatan potong sekitar 40-50 strok/menit, divariasikan pada pendinginan air dengan direndam, dialiri dan tanpa pendinginan. Selanjutnya, analisis kualitatif dan kuantitatif. Metalografi kualitatif adalah membandingkan struktur mikro hasil pengujian dengan struktur mikro dari literatur untuk jenis material yang sama yaitu AISI 1045. Sedangkan metalografi kuantitatif adalah menghitung fraksi fasa ferit yang diberikan dari proses annealing dan normalizing menggunakan analisis fraksi volume dan analisis Image J untuk menganalisis kadar karbon. Gambar yang diperoleh melalui pembesaran mikroskop metalurgi 100X di atas spesimen yang dietsa dengan nital 2% memberi karakter yang sebanding dengan gambar standar. Analisis kadar karbon dari fasa ferit mendekati yang dilaporkan dalam material data sheet. Variasi cara pemotongan tidak menunjukkan perbedaan pada struktur mikro yang diamati.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 04 Dec 2017 01:34
Last Modified: 04 Dec 2017 01:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15252

Actions (login required)

View Item View Item