ANALISIS SALURAN DRAINASE TERHADAP GENANGAN BANJIR DI KELURAHAN SURABAYA MENGGUNAKAN MODEL EPA SWMM 5.1 (STUDI KASUS PERUMAHAN PERMATA GRIYA ASRI)

SAMI, MUHAMMAD RIDWAN and Muhammad, Fauzi and Besperi, Besperi (2017) ANALISIS SALURAN DRAINASE TERHADAP GENANGAN BANJIR DI KELURAHAN SURABAYA MENGGUNAKAN MODEL EPA SWMM 5.1 (STUDI KASUS PERUMAHAN PERMATA GRIYA ASRI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI-MUHAMMAD_RIDWAN_SAMI-G1B012085.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (49MB)

Abstract

Perkembangan perumahan pada hampir semua kawasan telah mengakibatkan luas resapan air hujan di kota Bengkulu berkurang dan menimbulkan kawasan banjir baru. Salah satu kawasan perumahan yang sering terjadi banjir adalah Perumahan Permata Griya Asri. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesesuaian debit aliran dan limpasan, mendesain ulang saluran, serta mensimulasikan model drainase dengan menggunakan model EPA SWMM 5.1 dimana sistem jaringan drainase dimasukkan ke dalam model yang terdiri dari subcatchment, nodes junction, conduit, dan outfall nodes. Semua parameter nilai didapat dari pengukuran lapangan dan pengolahan curah hujan rencana. Hasil penelitian menunjukkan running simulation SWMM 5.1 cukup baik dimana continuity error untuk limpasan dan penelusuran aliran masing-masing adalah sebesar -0.64 % dan -0.07 %. Setelah model drainase berhasil disimulasikan, didapat hasil evaluasi kesesuaian saluran dengan limpasan rata-rata yang terjadi sebesar 178,84 mm. Limpasan paling besar terjadi di subcatchment S10b yaitu sebesar 182,91 mm. Debit aliran paling besar terjadi pada saluran C16 yaitu sebesar 3053,59 ltr/det. Dari hasil simulasi beberapa saluran akan meluap pada saat terjadi hujan lebat. Saluran yang diperkirakan akan meluap adalah saluran C38 dan C47. Untuk mengatasinya diperlukan perbaikan dimensi saluran, desain saluran yang cocok untuk keduannya adalah segi empat terbuka. Berdasarkan cek lapangan didapati hasil blok perumahan yang sering terjadi genangan adalah pada S18, S19, S20, S21, S22 and S23

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:44
Last Modified: 04 Dec 2017 02:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15263

Actions (login required)

View Item View Item