KECERNAAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK RANSUM SAPI FH LAKTASI YANG DIBERI KONSENTRAT MENGANDUNG TEPUNG BIJI DURIAN DAN TEPUNG KULIT DURIAN DIFERMENTASI Pleurotus ostreatus

Bintang, Satria Mandala and Irma, Badarina and Endang, Sulistyowati (2021) KECERNAAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK RANSUM SAPI FH LAKTASI YANG DIBERI KONSENTRAT MENGANDUNG TEPUNG BIJI DURIAN DAN TEPUNG KULIT DURIAN DIFERMENTASI Pleurotus ostreatus. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Draf_Skripsi_Bintang Satria Mandala (E1C017029) (20 Mei 2021).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya, hal inilah yang membuat Indonesia banyak memiliki jenis tumbuhan salah satunya yaitu buah durian. Di Indonesia durian merupakan tanaman yang dibudidayakan dan ketersediaanya selalu ada disetiap tahunnya, akan tetapi buah durian juga dapat menghasilkan limbah yang belum dapat dimanfaatkan dengan baik berupa biji dan kulitnya. Di dalam Limbah kulit durian, mengandung unsur selulosa yang tinggi (50-60%), kandungan lignin (5%) serta kandungan pati (5%). Oleh sebab itu maka limbah dari kulit durian ini dapat dijadikan sebagai pakan alternatif untuk ternak dengan cara difermentasi terlebih dahulu menggunakan jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) untuk meningkatkan protein kasar dan menurunkan serat kasarnya sehingga dapat digunakan sebagai pakan ternak. Selain kulitnya biji durian juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan pakan dengan cara dibuat menjadi tepung terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian ransum konsentrat yang mengandung tepung biji durian dan tepung kulit durian difermentasi Pleurotus ostreatus terhadap kecernaan bahan kering dan bahan organik pada sapi perah FH laktasi. Penelitian ini menggunakan Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) 4 x 4 dengan menggunakan 4 perlakuan, 4 periode, dan 4 ekor ternak. Adapun 4 perlakuan yang digunakan yaitu P0 kontrol, P1 mengandung tepung biji durian (TBD), P2 mengandung tepung kulit durian fermentasi (KDF), dan P3 mengandung tepung biji durian dan tepung kulit durian fermentasi (TBD+KDF). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA). Uji lanjut menggunakan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ransum yang mengandung tepung biji durian berpengaruh nyata meningkatkan kecernaan bahan kering dan bahan organik ransum.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:05
Last Modified: 04 Sep 2023 03:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15268

Actions (login required)

View Item View Item