ANALISIS JALUR PEMASARAN SUSU SEGAR DI KABAWETAN (STUDI KASUS PETERNAK SAPI PERAH DI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG)

Gojo, Kondeta and Edi, Soetrisno and Amir, Husaini Karim Amrullah (2021) ANALISIS JALUR PEMASARAN SUSU SEGAR DI KABAWETAN (STUDI KASUS PETERNAK SAPI PERAH DI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI GOJO KONDETA-E1C014043-08 Mei 2021.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan subsektor peternakan merupakan bagian dari pembangunan sektor pertanian yang memiliki nilai strategis, antara lain dalam memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat akibat bertambahnya jumlah penduduk. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2020 di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah buku, pena, kuesioner, kamera. Survei pendahuluan dan kedua dilakukan dengan tujuan untuk menentukan lokasi penelitian dan keberadaan peternak sapi perah di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang dengan cara mendatangi langsung ke rumah peternak atau responden. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara Purpossive yaitu daerah yang terdapat peternak sapi perah dan dilakukan berdasarkan objek yang akan diteliti. Saluran pemasaran sangat berperan dalam usaha peternakan sapi perah. Menurut (Simamora, 2001) yang menyatakan bahwa suatu barang dapat berpindah melalui beberapa tangan sejak dari produsen sampai ke saluran distribusi yang menggunakan tiga pedagang perantara. Pada saluran pemasaran I merupakan jalur pemasaran yang dimana peternak langsung menjual susu sapi perah langsung ke konsumen, sehingga tidak diperlukan adanya tataniaga yang melibatkan pedagang pengepul dalam pemasaran tersebut. Saluran pemasaran II menunjukkan bahwa peternak menjual susu ke pedagang pengepul, lalu pedagang pengepul menjual ke konsumen akhir. Saluran pemasaran III menunjukkan bahwa peternak atau produsen menjual susu segar ke koperasi, kemudian dari koperasi menjual ke pengecer dan pengecer menjual ke konsumen. Data dari hasil penelitian ini ditabulasikan secara matematis kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis secara deskriptif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:32
Last Modified: 04 Sep 2023 03:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15273

Actions (login required)

View Item View Item