APLIKASI BIOMETRIKA PENCOCOKAN CITRA DAUN TELINGA BERBASIS TEKSTUR DAN BENTUK MENGGUNAKAN METODE TRANSFORMASI WAVELET DAN CHAIN CODE

NIVSKY, EZY CLAUDIA and Ernawati, Ernawati and Endina, Putri Purwandari (2017) APLIKASI BIOMETRIKA PENCOCOKAN CITRA DAUN TELINGA BERBASIS TEKSTUR DAN BENTUK MENGGUNAKAN METODE TRANSFORMASI WAVELET DAN CHAIN CODE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi-G1A012026-Ezy Claudia Nivsky.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membangun sebuah aplikasi biometrika pencocokan citra daun telinga berbasis tekstur dan bentuk menggunakan metode Transformasi Wavelet untuk ekstraksi ciri tekstur, Chain Code untuk ekstraksi ciri bentuk, dan metode Canberra Distance untuk menghitung jarak kemiripan citra uji dengan citra latih. Citra yang digunakan sebagai objek penelitian adalah citra daun telinga sebelah kanan dari Mathematical Analysis of Images (AMI) Ear Database. Aplikasi ini dibangun dalam bahasa pemrograman Matlab dan dirancang dengan Data Flow Diagram (DFD). Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah nilai Genuine Acceptance Rate (GAR) sebesar 100% untuk citra latih sebagai citra uji pada masing – masing metode Transformasi Wavelet dan Chain Code, 76.67% pada metode Transformasi Wavelet dan 10% pada metode Chain Code untuk citra uji di luar database, 75% pada metode Transformasi Wavelet dan 5% pada metode Chain Code untuk citra uji di luar database dengan down_ear (telinga dengan keadaan individu menunduk), 80% pada metode Transformasi Wavelet dan 5% pada metode Chain Code untuk citra uji di luar database dengan left_ear (telinga dengan keadaan individu menoleh ke arah kiri) dan 75% pada metode Transformasi Wavelet dan 20% pada metode Chain Code untuk citra uji di luar database dengan up_ear (telinga dengan keadaan individu menoleh ke arah atas) dengan rata-rata waktu proses pada masing-masing metode sebesar 5.1 menit dan 3.6 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 05 Dec 2017 01:18
Last Modified: 05 Dec 2017 01:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15293

Actions (login required)

View Item View Item