PELAKSANAAN KEGIATAAN KOMUNITAS SENI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ramadhan, Wahyu Fajri and Panji, Suminar and Diyas, Widiyarti (2023) PELAKSANAAN KEGIATAAN KOMUNITAS SENI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI WAHYU FAJRI RAMADHAN ( D1F017097) - Wahyu Fajri Ramadhan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan Unit Kegiatan COSMIP pada masa Pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknik penentuan informan yang dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi non�partisipasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian direduksi, dipilih dan dicatat serta diverifikasi untuk mendapatkan keabsahan data dalam rangka menjawab rumusan penelitian. Semua data dianalisis menggunakan teori struktural fungsional AGIL menurut Talcot Person. Penelitian menghasilkan informasi bahwa pelaksanaan yang dilakukan UKM Cosmip selama masa pandemi covid-19, yaitu : (1) Kebijakan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Dimasa Pandemi Covid-19, yaitu pertama kegiatan dilakukan secara online, di mana kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka pada saat pandemi dilakukan secara online, kegiatan-kegiatan tersebut seperti kegiatan latihan rutin yang biasanya dilakukan secara tatap muka, kemudian kegiatan diskusi yang juga biasanya dilakukan secara tatap muka, kegiatan PAB (Perekrutan Anggota Baru) yang juga mulai dilakukan secara online pada saat pandemi covid-19. Kemudian yang kedua, ada sistem yang berbeda yaitu anggota baru diperlakukan dengan baik agar anggota baru merasa nyaman dengan perlakuan yang diberikan padanya, hal ini juga menjadi salah satu hal dalam pelaksanaan kegiatan UKM COSMIP agar para anggota baru di masa pandemi menjadi anggota aktif yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. (2) Sistem UKM yang dijalani selama masa pandemi covid-19, selama pandemi covid-19 sistem yang dilakukan tidak seperti biasanya yaitu dengan mengalihkan sistem kegiatan ke sistem kombinasi luring dan daring , yaitu sebagian anggota mengikuti kegiatan secara langsung dengan mematuhi protokol kesehatan. Sementara, kegiatan daring dilakukan secara terus menerus hingga sampai saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:25
Last Modified: 13 Sep 2023 01:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item View Item