PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Puspita, Rini and Agus, joko purwadi and Rio, kurniawan (2020) PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
RINI PUSPITA SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Perencanaan pembelajaran debat Bahasa Indonesia pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu, dan 2) Pelaksanaan pembelajaran debat Bahasa Indonesia pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif yang dilakukan dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah salah satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data/penyajian data, dan verification/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran debat bahasa Indonesia pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dilihat dari perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru sudah melengkapi format komponen-komponen perencanaan pembelajaran, namun pada langkah-langkah pembelajaran guru belum mengarah dan kurang sesuai dengan metode pembelajaran, tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian yang tercantum dalam RPP buatan guru. Dan pencapaian yang telah didapatkan yaitu telah terlaksanakannya pembelajaran dengan langkah pembelajaran yaitu: (1) kegiatan pendahuluan yang mencakup menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis, mengondisikan kelas dengan peserta didik memberi salam pada setiap pertemuan, serta guru memberi penjelasan konsep, tujuan, metode, dan prosedur pembelajaran. (2) kegiatan inti pembelajaran yang mencakup penjelasan materi dengan metode ceramah, pemberian tugas dengan cara bervariasi baik secara individual maupun kelompok. (3) kegiatan penutup yang meliputi refleksi/penarikan kesimpulan dan menutup pembelajaran pada akhir pertemuan. Pada langkah–langkah pembelajaran ada beberapa kegiatan yang tidak berjalan seperti pemberian apersepsi, pemberian motivasi, dan refleksi pada akhir pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran, Debat, Perencanaan, Pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:32
Last Modified: 06 Sep 2023 07:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item View Item