ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MAKANAN TRADISIONAL LEMANG TAPAI DI PEKAN MASAT DESA ULAK LEBAR KECAMATAN PINO KABUPATEN BENGKULU SELATAN (Studi Kasus Home Industri Rumah Tangga Ibu Meta)

Tiara, Wulandari and Putri, Suci Asriani and Basuki, Sigit Priyono (2021) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MAKANAN TRADISIONAL LEMANG TAPAI DI PEKAN MASAT DESA ULAK LEBAR KECAMATAN PINO KABUPATEN BENGKULU SELATAN (Studi Kasus Home Industri Rumah Tangga Ibu Meta). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI TIARA WULANDARI (E1D017118).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Lemang Tapai merupakan makanan khas yang ada di Pekan Masat Desa Ulak Lebar Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan yang dijual hanya satu kali dalam satu minggu yaitu setiap malam kamis. Lemang Tapai Ibu Meta selalu ramai dikunjungi oleh konsumen, meskipun Lemang Tapai Ibu Meta selalu ramai dikunjungi oleh konsumen tetapi kepuasan konsumen terhadap produk Lemang Tapai Ibu Meta belum diketahui apakah konsumen sudah merasa puas dengan produk Lemang Tapai yang ada atau malah sebaliknya dan atribut-atribut Lemang Tapai yang dianggap penting dan harus dipertahankan juga belum diketahui. Padahal makanan tradisional dapat bertahan di persaingan bisnis era sekarang, apabila produsen mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atribut-atribut apa saja yang dianggap penting dan harus dipertahankan oleh Ibu Meta terhadap produk Lemang Tapai yang dijual di Pekan Masat Desa Ulak Lebar Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan. Kemudian untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut Lemang Tapai Ibu Meta yang dijual di Pekan Masat Desa Ulak Lebar Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2021. Lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Pekan Masat Desa Ulak Lebar Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan, yang merupakan satu-satunya tempat sentra penjualan Lemang Tapai di Kabupaten Bengkulu Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Accidental Sampling yaitu sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan untuk mengetahui atribut-atribut apa saja yang dianggap penting dan harus dipertahankan oleh Ibu Meta terhadap produk Lemang Tapai, dan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut Lemang Tapai Ibu Meta dengan metode Analisis Deskriptif, Analisis Importance Performance Analysis (IPA), dan Analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis terhadap atribut yang dianggap penting dan harus dipertahankan oleh produsen terhadap produk Lemang Tapai yang dikonsumsi oleh konsumen yaitu atribut aroma lemang, kemampuan kemasan melindungi lemang, rasa tapai, dan harga. Keempat atribut tersebut telah mencapai kinerja yang baik sesuai dengan yang diharapkan oleh konsumen dan harus bisa dipertahankan oleh produsen agar atribut produk tetap terjaga serta konsumen akan selalu memproduksi produk tersebut. Berdasarkan hasil Customer Satisfaction Index (CSI) yang diperoleh indeks kepuasan konsumen Lemang Tapai sebesar 88,15%. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan dilihat dari ke-12 item atribut Lemang Tapai masuk kedalam kriteria sangat puas, karena nilai Customer Satisfaction Index (CSI) diantara 81% - 100% itu termasuk kedalam golongan sangat puas yang berarti secara keseluruhan konsumen yang mengkonsumsi Lemang Tapai merasa sangat puas dengan kinerja yang diberikan. Kata kunci : Lemang Tapai, Makanan Tradisional, Atribut, Pekan Masat, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:43
Last Modified: 05 Sep 2023 07:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15343

Actions (login required)

View Item View Item