PENGARUH KOMBINASI DOSIS PUPUK VERMIKOMPOS DAN ZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.)

Dwita, Ulandari and Nanik, Setyowati and Zainal, Muktamar (2021) PENGARUH KOMBINASI DOSIS PUPUK VERMIKOMPOS DAN ZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi dwita ulandari E1J017022.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kacang panjang (Vigna sinensis L.) Termasuk dalam golongan famili papilionaceae dan merupakan tanaman semusim. Kacang panjang adalah tanaman hortikultura kaya akan nutrisi seperti vitamin, protein, lemak nabati, karbohidrat dan mineral. Upaya peningkatan produksi kacang panjang dengan berbagai cara sangat perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, salah satunya dengan cara pemupukan organik dan sintetik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kombinasi dosis vermikompos dan pupuk ZA yang terbaik bagi pertumbuhan dan hasil tanaman kacang panjang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan faktor tunggal. Penelitian menggunakan pupuk vermikompos dan ZA, yang terdiri dari 8 kombinasi perlakuan. Setiap kombinasi perlakuan diulang 3 kali sehingga terdapat 21 unit percobaan berupa petakan ukuran 5 m x 1 m. Setiap guludan ditanam 20 tanaman. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, perlakuan vermikompos 15 ton/ha, ZA 50 kg/ha dan kombinasi keduanya berbeda tidak nyata baik pada pertumbuhan tanaman yang meliputi tinggi tanaman, panjang tangkai daun, umur mulai berbunga dan umur panen dan hasil yang meliputi jumlah polong per tandan, jumlah polong pertanaman, panjang buah, diameter buah, jumlah biji, berat bobot per tanaman dan berat bobot per petak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 00:56
Last Modified: 06 Sep 2023 00:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15368

Actions (login required)

View Item View Item