Pratiwi, diva ananta and Ariefa, primair yani and Bhakti, karyadi (2020) MODIFIKASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI DIVA ANANTA PRATIWI A1D016047.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tanaman obat apa saja yang dijadikan objek pengamatan dalam LKPD, mengetahui rumusan pertanyaan sebagai bahan diskusi berdasarkan tuntutan KD 3.2 dan KD 4.2 serta melihat kelayakan LKPD yang sudah di modifikasi. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan cara deskripsi isi. Objek dalam penelitian ini adalah LKPD Tanaman Obat. Hasil penelitian ini soal-soal evaluasi di dalam LKPD dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta didik dan penguasaan konsep peserta didik mengenai keanekaragaman tingkat jenis (spesies) karena penggunaan LKPD dalam pembelajaran dikatakan layak dengan hasil validasi mendapat nilai rata-rata 84,74 % dengan kriteria “sangat valid” dan evaluasi dibuat berdasarkan rubrik Keterampilan Proses Sains dengan menggunakan indikator Keterampilan Proses Sains. Bagian-bagian (isi) dari komponen LKPD yang dimodifikasi meliputi : Tujuan Pembelajaran, Indikator Pencapaian Kompetensi, bahan praktikum, soal-soal evaluasi. Aspek KPS yang diukur dalam LKPD Tanaman Obat yaitu dengan indikator-indikator Keterampilan Proses Sains meliputi : mengamati, mengelompokkan, menafsirkan, menerapkan konsep, berkomunikasi. Kata Kunci : Modifikasi LKPD, Keterampilan Proses Sains, LKPD Tanaman Obat
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:33 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:33 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15376 |
Actions (login required)
View Item |