PENINGKATAN SERAPAN N PERTUMBUHAN DAN HASIL BIOMASSA BAWANG DAUN MELALUI PEMBERIAN DOSIS PUPUK ORGANOMINERAL BERBASIS KOMPOS AZOLLA

Melisa, Oktaviani Silitonga and Marwanto, Marwanto and Yudhi, Harini Bertham (2021) PENINGKATAN SERAPAN N PERTUMBUHAN DAN HASIL BIOMASSA BAWANG DAUN MELALUI PEMBERIAN DOSIS PUPUK ORGANOMINERAL BERBASIS KOMPOS AZOLLA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKIRPSI MELISA SILITONGA (OK).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Aplikasi pupuk N anorganik (urea) dengan dosis tinggi dan diberikan secara terus menerus dapat menurunkan kesuburan tanah dan merusak lingkungan. Diperlukan modifikasi fisik pupuk urea dengan cara mengenkapsulasi (membungkusnya) dengan bahan organik untuk menyeimbangkan pelepasan N dari urea dan penyerapan N oleh tanaman. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan dosis pemberian pupuk organomineral yang optimal untuk serapan N, pertumbuhan, dan hasil bawang daun. Penelitian dilaksanakan di lahan percobaan Universitas Bengkulu dari Desember 2020 hingga Febuari 2021 dengan rancangan acak lengkap dengan pemberian dosis pupuk organomineral sebagai faktor tunggal dengan 7 taraf, yaitu 0, 211, 422, 633, 844, 1.055, dan 1.266 kg/ha atau masing-masing 0, 0.80, 1.60, 2.41, 3.21, 4.01, dan 4.82 g/polybag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi dosis pupuk organomineral optimum meningkatkan serapan N, pertumbuhan (berat kering akar dan diameter batang), dan hasil biomassa (bobot segar tajuk per rumpun, bobot segar dan kering tanaman) secara maksimal. Pemberian pupuk organomineral lebih rendah atau lebih tinggi dari dosis optimum tersebut berdampak negatif. Diantara tingkat hara N optimum yang diberikan, bobot tanaman perumpun tertinggi (87,73 g) dicapai pada dosis 572 kg/ha. Hasil penelitian ini lebih jauh mengindifikasikan bahwa pemberian pupuk organomineral yang optimal dapat digunakan untuk meningkatkan serapan N, pertumbuhan, dan hasil biomassa bawang daun.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:38
Last Modified: 06 Sep 2023 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15393

Actions (login required)

View Item View Item